Bagikan:

JAKARTA - Sydney adalah ibu kota negara bagian New South Wales, Australia dan Sydney jadi kota terbaik dan paling ramah untuk wisatawan di dunia.

Dilansir dari laman New York Post, Sydney terpilih menjadi kota terbaik wisata di dunia dan runner-up kota paling ramah versi majalah di New York, Condé Nast Traveler melalui Readers' Choice Awards 2024. Hal ini mengukuhkan posisi Sydney sebagai salah satu tujuan wisata utama secara global.

Readers' Choice Awards sendiri diikuti oleh lebih dari 125.000 pembaca di seluruh Inggris memberikan suara untuk penghargaan bergengsi tersebut. Sydney berada di posisi teratas dengan skor 92,96 untuk gaya hidup indoor dan outdoor yang unik.

Selain Sydney, kota Valencia di Spanyol berada di posisi kedua dengan skor 92,78, diikuti oleh Singapura (92,47), Hong Kong (91,72), dan Stockholm di Swedia (91,11).

"Jika Anda pernah merasakan sekilas kehidupan di Australia, Anda mungkin telah jatuh cinta pada gaya hidup indoor dan oudoor unik yang dianut dengan sangat baik oleh orang Australia," kata Traveller tentang Sydney.

Sydney dinobatkan sebagai kota paling ramah kedua di dunia untuk dikunjungi dengan skor 93,85. Singapura menempati posisi pertama dengan memperoleh skor 94,84. Sementara, Las Vegas, Nevada menempati posisi ketiga.

The Fullerton, yang terletak di CBD, berada di posisi teratas sebagai hotel terpopuler di Sydney. Park Hyatt Sydney berada di posisi kedua, sementara Halcyon House di Cabarita Beach berada di posisi ketiga dan The Calile Hotel di Brisbane berada di posisi keempat.

Namun, sebagai benua, Australia menang dalam beberapa kategori lain dengan Southern Ocean Lodge di Kangaroo Island yang menduduki peringkat ke-29 dalam daftar Hotel Terbaik di Dunia, dan satu-satunya hotel Australia yang masuk dalam 50 besar.

Tapi sayangnya, hotel tersebut terbakar dalam kebakaran hutan musim panas tahun 2020 dan dibangun kembali pada tahun 2023. L'Horizon Resort & Spa di Palm Springs, California meraih penghargaan tertinggi dalam kategori tersebut.

Conde Nast Traveler AS juga meluncurkan Penghargaan Pilihan Pembaca minggu ini, dengan Sydney menempati posisi ketiga dalam daftar kota terbaik di dunia, menggambarkannya sebagai 'liburan ideal dalam musim apa pun'.

Sementara itu, pada bulan September, Sydney dinobatkan sebagai Destinasi Kota Terkemuka di Oseania dalam World Travel Awards 2024.

Meski Sydney terus meraih beberapa penghargaan bergengsi, menurut data Survei Pengunjung Internasional terbaru dari Tourism Research Australia, kota ini menyambut 3.446.000 pengunjung asing pada bulan Juni, masih di bawah 16 persen dari periode tahun 2019.

John O'Sullivan, kepala eksekutif Experience Co dan mantan direktur pelaksana Tourism Australia, mengatakan kepada Sydney Morning Herald, hasil penghargaan yang luar biasa ini dapat sangat membantu dalam menempatkan Sydney di radar pelancong internasional bernilai tinggi.

"Mereka yang cenderung menghabiskan lebih banyak uang, tinggal lebih lama, dan bepergian lebih jauh di Australia." kata John O'Sullivan.