Sebelum Viral di Indonesia, Sosok Mr.Hu Pengirim Barang dari China sudah Ramai di Malaysia dan Singapura
Ilustrasi. (Campaign Creators/Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Tagar #SellerAsingBunuhUMKM akhir-akhir ini meramaikan media sosial Twitter. Warganet membicarakan sosok 'Mr. Hu' yang dikabarkan merupakan seller asing dari China yang menjual berbagai produk rumah tangga dan barang lainnya dengan mematok harga sangat murah melalui marketplace di Indonesia.

Seorang warganet dengan akun @LXJAEMIN mengungkap bahwa pembelian barang apapun yang berasal dari China pasti dikirim dengan satu nama pengirim yakni Mr. Hu.

"Mr. Hu trending. Pasti setiap beli case or barang apapun dari China nama pengirimnya Mr. Hu," tulisnya, dikutip Kamis, 18 Februari.

Sebelum ramai di Indonesia, sosok Mr. Hu ini sudah meramaikan jagat maya negara tetangga, Malasyia dan menyusul kemudian di Singapura. Ini bermula dari unggahan akun akun Twitter @ellezamuri pada 19 November 2020. 

"Shopee shopaholic would know this man. The only man that matters," cuitnya dilengkapi dengan foto resi pengiriman yang tertempel di kiriman barang yang dibelinya. 

Cuitan tersebut mendapatkan 13,5 ribu Retweet, 3.627 Tweet Kutipan dan 19,4 ribu like. Beragam komentar dan cuitan balasan dari warganet Negeri Jiran langsung membanjiri akun tersebut.

"Astaga. Nda pernah pula saya cek2 oh. Asal nampak nama saya terus saya buka," tulis akun @@Ervi_jk

"Persoalan aku selama ni akhirnya terjawab jgk," tulis akun lain bernama @_nrathrah

"Terus kutip balik plastik yes beli dari shop yg beza pun sender tetap Mr. Hu. Kenapa baru perasaaaann," tulis akun @umailopekat.

Pada 25 November 2020, media online hype.my mengunggah berita soal Mr. Hu ini berangkat dari cuitan akun Twitter @ellezamuri.

Sehari kemudian pada 26 November 2020, media online says.com yang juga berbasis di Malaysia mengunggah hal yang sama, juga dengan cuitan akun Twitter @ellezamuri.

Dan, pada 29 November cuitan akun Twitter @ellezamuri ini juga diunggah oleh situs mothership.sg. Disebutkan juga, paket dari Mr. Hu dikirim ke berbagai negara di Asia, seperti Singapura, Malaysia dan Filipina. 

Namun, disebutkan juga kalau ada paket Shopee yang dikirim dari pengirim lokal ke alamat di Singapura, di sisi lain tidak mencantumkan nama Mr. Hu.