BEM dari Berbagai Universitas di Banyumas Gelar Deklarasi Pemilu Damai
Deklarasi Pemilu Damai/ Foto: Dok. Pores Banyumas

Bagikan:

JAKARTA - Organisasi Mahasiswa yang tergabung dalam kelompok Cipayung Plus dan Badan Eksekutif Mahasiswa dari berbagai kampus di Banyumas menggelar deklarasi pemilu damai di Pendopo Sipanji Purwokerto, Sabtu sore, 23 Desember.

Kegiatan ini dihadiri oleh Forkompinda Kabupaten Banyumas, Komisioner KPU Banyumas, Bawaslu Banyumas, PJU Polresta Banyumas, kelompok Cipayung Plus dan perwakilan BEM Universitas se-Kab. Banyumas.

Perwakilan kelompok Cipayung plus Gigih Ivan Maulana dalam sambutanya mengatakan pemilu 2024 akan didominasi pemilih milenial untuk itu sebagai mahasiswa mensukseskan pemilu 2024.

"Banyak pemilih muda belum paham atas haknya dalam pemilu, tugas kitalah untuk mengawal demokrasi kepada mereka", ungkapnya.

Menurutnya, di era 5.0, medsos sangat mudah diakses, sehingga hoaks terkait pemilu harus ditangkal demi suksesnya pemilu damai dan aman.

Divisi sosialisasi pemilih, SDM komisioner KPU Banyumas, Sufi Sahlan mengatakan Tahapan pemilu saat ini masih masa kampanye sampai tanggal 10 Februari 2024.

Pihaknya berharap dukungan dan kerjasama dari seluruh stakeholder dan forkopimda Kab. Banyumas agar Pemilu 2024 dapat berjalan dengan aman dan damai.

"Kepada teman Cipayung plus dan BEM Universitas diharapkan dapat menjaga nilai historis dan idealisme sehingga dalam masa kampanye dan seluruh tahapan Pemilu 2024 dapat menjaga situasi yang kondusif", ungkapnya.

Sementara itu, Kapolresta Banyumas Kombes Pol Edy Suranta Sitepu, mengatakan bahwa Cipayung plus sudah terbentuk lama sehingga semangat pergerakan fungsi kontrol dan wadah dalam menyuarakan aspirasi masyarakat jangan sampai hilang.

Pada tahapan kampanye memang tidak lepas dari hoaks yang serba internet dalam penggunaan smartphone. Oleh karena itu Polri tidak bisa bekerja sendiri dan memerlukan bantuan dari mahasiswa dalam memberantas berita hoaks.

"Jumlah pemilih pemula ada sekitar 50 persen dari seluruh pemilih sehingga butuh edukasi dan sosialisasi agar mau berpatisipasi aktif dalam mensukseskan Pemilu 2024", ungkapnya.

Pihaknya juga berharap dalam Pemilu 2024 nanti dapat berjalan dengan baik tanpa gangguan sekecil apapun.

"Kami bersama TNI dan Pemerintah daerah siap mengawal jalannya Pemilu 2024 yang sejuk, aman dan damai", pungkas Kapolresta.

Usai acara sambutan, kegiatan dilanjutkan dengan Pembacaan Deklarasi Pemilu Damai 2024 dan Penandatanganan Deklarasi Pemilu Damai 2024.