Kaltara Gelar Deklarasi Pemilu Damai
FOTO ISTIMEWA

Bagikan:

TARAKAN – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Utara (Kaltara) bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan organisasi masyarakat serta parpol menggelar deklarasi Pemilu 2024 damai di Tarakan.

Peserta yang hadir secara serentak mengucap deklarasi pemilu damai disertai penandatanganan deklarasi pemilu damai oleh Gubernur Kaltara Zainal Arifin Paliwang.

"Pemilu bukan hanya ruang bagi masyarakat untuk memilih, tetapi juga merupakan proses pendewasaan dan juga momentum ujian bagi bangsa mengenai seberapa jauh nilai-nilai demokrasi telah menjadi bagian dari jati diri bangsa," kata Zainal, Selasa, 6 Desember malam.

Gubernur mengajak seluruh pemangku kepentingan di Kaltara untuk memastikan Pemilu damai tidak hanya kata-kata. Melainkan komitmen dan ikhtiar bersama untuk menciptakan situasi yang kondusif selama pelaksanaannya.

"Saya berpesan selama masa kampanye untuk tidak provokatif, tidak produktif  atau berpotensi menimbulkan keresahan di masyarakat. Saya juga berharap kepada semua komponen untuk sama-sama mensukseskan Pemilu 2024 yang akan datang," tegasnya.

Pada penghujung acara, seluruh perwakilan dari unsur forkopimda dan pihak terkait untuk membacakan closing statement deklarasi Pemilu Damai yang dibacakan satu persatu oleh setiap perwakilan.