Soal Prabowo Lontarkan 'Ndasmu Etik' di Rakornas Gerindra, Ganjar: Biar Rakyat Menilai
Capres RI Ganjar Pranowo di Desa Candirejo, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Minggu (17/12/2023). ANTARA/Narda Margaretha Sinambela

Bagikan:

MAGELANG - Calon Presiden Ganjar Pranowo menyerahkan penilaian atas pernyataan Prabowo Subianto mengenai ndasmu etik saat Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Partai Gerindra di Jakarta kepada masyarakat.

Hal itu disampaikan Ganjar saat ditanya apakah pernyataan Prabowo Subianto etis diungkapkan oleh seorang capres.

"Biar mereka yang jawab dan rakyat," kata Ganjar di Desa Candirejo, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Antara, Minggu, 17 Desember. 

Kendati demikian, Ganjar tak memberikan komentar lebih lanjut mengenai hal itu. Dia pun menilai pernyataan Prabowo kemungkinan hanya bercanda.

"Mungkin itu juga bercanda, biarkan mereka nanti berkomunikasi," tegasnya.

Sebelumnya, Calon Presiden RI Prabowo Subianto menanggapi ungkapannya ndasmu etik pada Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Partai Gerindra di Jakarta pekan ini yang viral di media sosial, kemudian menjadi sorotan dalam beberapa hari terakhir.

Prabowo menjelaskan bahwa ungkapan itu hanya sebatas candaan, di antara keluarga Partai Gerindra, mengingat rapat tersebut merupakan pertemuan tertutup dan terbatas untuk kader partai.

"Itu 'kan di dalam di antara keluarga, ya, 'kan, tetapi biasa orang Indonesia cari-cari, mau dibesar-besarkan. Itu di antara keluarga kami bicara, dan itu 'kan bicara orang Banyumas biasalah bicara-bicara seperti itu," kata Prabowo menjawab pertanyaan wartawan di sela-sela kegiatan kampanyenya di Blitar, Jawa Timur, Minggu. 

Ia meminta persoalan itu tidak perlu dibesar-besarkan karena hanya kelakar biasa. "Enggak usah dibesar-besarkan," kata Prabowo.

Rekaman video yang menampilkan Prabowo menyinggung soal isi debat calon presiden (capres) di KPU RI, Jakarta, Selasa, viral di media sosial dan menjadi sorotan karena dia menyebut kata dalam bahasa Jawa ndasmu etik.

Ungkapan itu disampaikan Prabowo dalam Rakornas Partai Gerindra di Jiexpo Kemayoran, Jakarta, Jumat, 15 Desember saat berkelakar mengenai pertanyaan Capres RI Anies Baswedan terhadap dirinya.

"Bagaimana perasaan Mas Prabowo soal etik? Etik, etik, etik. Ndasmu etik (kepalamu etik, red.)," kata Prabowo di hadapan para kader partai yang kemudian disambut dengan riuh tepuk tangan dan gelak tawa peserta rapat.

Terkait dengan etik, Anies saat sesi debat capres bertanya kepada Prabowo bagaimana perasaan dia terhadap putusan Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi (MKMK) yang menetapkan beberapa hakim melanggar aturan etik saat memutuskan permohonan uji materi soal usia capres/cawapres.

Prabowo saat sesi debat itu pun menjawab secara hukum putusan MK terkait dengan batas usia minimal capres/cawapres bersifat final dan mengikat. Oleh karena itu, keputusannya menggandeng putra sulung Presiden RI Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka, sebagai calon wakil presiden, pun tidak melanggar hukum.