Wujudkan Pemilu Damai, Polisi Bangka Barat Giatkan Patroli Dialogis
Polres Bangka Barat menggiatkan patroli dialogis guna mendukung pemilu damai (Foto: Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Polisi Resor Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggiatkan patroli dialogis guna mendukung upaya bersama mewujudkan Pemilu 2024 yang aman, tertib dan damai.

"Kami terus menggencarkan kegiatan patroli, salah satunya dengan pola mendatangi warga menjalin komunikasi yang baik untuk memudahkan kita dalam mengantisipasi berbagai kemungkinan gangguan keamanan dan ketertiban di masyarakat," kata Kepala Seksi Humas Polres Bangka Barat Ipda Ardianis di Mentok, Sabtu, dikutip Antara.

Menurut dia, kegiatan patroli dialogis ini merupakan salah satu pola yang dilakukan Satuan Tugas Polres Bangka Barat selama pelaksanaan Operasi Mantap Brata (OMB) 2023-2024.

Selama ini kita lakukan komunikasi bersama warga di wilayah Kecamatan Mentok, dengan mendatangi langsung warga yang berada di lokasi-lokasi yang dinilai rawan, seperti wilayah pelabuhan, pesisir, perkampungan nelayan dan lainnya.

Dalam dialog yang berlangsung, personel Satgas OMB memberikan himbauan kepada masyarakat agar ikut berperan aktif dalam menjaga situasi keamanan.

Mereka juga mengingatkan pentingnya kerja sama antara aparat kepolisian dan warga dalam menciptakan lingkungan yang aman dan terkendali.

Selain bertemu langsung dengan warga, personel Satgas OMB Polres Bangka Barat juga melaksanakan patroli di gudang logistik, kantor KPU dan Bawaslu daerah setempat guna mengecek keamanan pada saat malam agar tidak terjadinya gangguan kamtibmas.

"Dengan situasi aman dan terkendali, kita dapat melaksanakan pemilihan umum secara damai dan demokratis," ujarnya.

Patroli dialogis ini juga menjadi bagian dari langkah proaktif kepolisian dalam mencegah potensi gangguan keamanan selama tahapan pemilu berjalan.

Kehadiran personel Satgas OMB, diharapkan dapat menciptakan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat.

Gencar patroli dan sambang warga yang dilaksanakan ini merupakan bukti konkret dan komitmen Polres Bangka Barat dalam menjaga keamanan selama rangkaian pemilihan umum.