Bagikan:

JAKARTA - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo membentuk Operasi Nusantara Cooling System guna meminimalisir terjadinya konflik sosial menjelang Pemilahan Umum (Pemilu) 2024. Operasi itu mengedepankan upaya preemtif dan preventif.

Pembentukan Operasi Nusantara Cooling System merupakan tindak lanjut arahan dari Presiden Joko Widodo.

"Menindaklanjuti hal tersebut, Bapak Kapolri menerbitkan Surat Perintah, Sprin/2439/VIII/OPS.1.1/2023 tanggal 25 Agustus 2023 untuk melaksanakan Operasi Nusantara Cooling System sejak 11 September kemarin," ujar Kepala Operasi Nusantara Cooling System (Kaops NCS) Irjen Asep Edi Suheri, Senin, 2 Oktober.

Dalam meminimalisir terjadinya konflik sosial, Kapolri disebut meminta mengedepankan upaya preemtif dan preventif. Jajaran Polri harus bekerjasama dengan masyarakat dalam cooling system agar persatuan dan kesatuan Bangsa terjaga serta pemilu damai dapat terwujud.

"Operasi tersebut untuk meminimalisir isu-isu provokatif berlatar belakang SARA baik terjadi di tengah-tengah masyarakat maupun di ruang Siber. Dengan mengutamakan tindakan preemtif dan preventif. Sehingga dalam operasi ini tidak ada upaya melakukan penegakan hukum (represif). Jadi preemtif dan preventif," sebutnya.

Di sisi lain, sambung Asep, dalam pelaksanaan Operasi Nusantara Cooling System, ada satuan tugas (satgas) dan delapan substagas dibantu oleh Polda jajaran yang terlibat.

Pertama, Satgas Preemtif yang terdiri dari Subsatgas Intelijen dan Subsatgas Binmas. Tugasnya deteksi dini dan pendekatan dengan mitra dan para tokoh.

Kedua, Satgas Preventif yang memiliki Subsatgas Patroli Siber dan Subsatgas Patroli Dialogis Netizen. Tugasnya, patroli Siber dan berdialog dengan netizen, influencer dalam menjaga kamtibmas yang kondusif.

Kemudian, Satgas Humas dengan Subsatgas Penmas dan Subsatgas Multimedia yang bertugas menyampaikan ajakan, imbauan, edukasi serta melakukan monitoring baik media sosial dan media mainstream.

"Untuk Satgas Banops yaitu Subsatgas TIK dan Subsatgas Logistik melakukan dukungan teknologi, informasi dan logistik kepada Operasi Nusantara Cooling System," kata Asep.