Bagikan:

BEKASI - Calon presiden nomor urut 1, Anies Baswedan berjanji akan membawa program bantuan sosial (bansos) serupa Kartu Penyandang Disabilitas Jakarta (KPDJ) ke tingkat nasional jika memenangkan Pilpres 2024.

Hal ini diungkapkan Anies saat menjawab pertanyaan warga penyandang disabilitas yang menagih program bantuan kepada kelompoknya.

"Insyaallah program-program untuk penyandang disabilitas di Jakarta yang dirasakan baik, bermanfaat, itu akan kita tingkatkan untuk dilaksanakan di tingkat nasional. Misalnya kartu disabilitas, di Jakarta namanya KPDJ," kata Anies dalam diskusi santai disabilitas se-Jabodetabek di Bekasi, Jawa Barat, Jumat, 15 Desember.

Di Jakarta, bansos KPDJ memiliki program bantuan kepada penyandang disabilitas berupa tunai senilai Rp300 ribu per bulan, akses Transjakarta gratis, bantuan subsidi pangan, hingga potongan harga saat berbelanja menggunakan KPDJ yang merupakan kartu ATM tersebut.

"Dengan adanya kartu identitas penyandang disabilitas itu, berbagai pihak yang ingin membantu punya identifikasinya," ujar mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut.

"Nah, isyaallah ini menjadi salah satu program yang kita ingin tingkatkan supaya yang akan merasakan manfaatnya bukan hanya warga Jakarta tapi juga penyandang disabilitas di berbagai wilayah Indonesia," tambahnya.

Kemudian, Anies juga ingin mengakomodasi kemudahan para penyandang disabilitas untuk mendapat kesempatan kerja. Caranya dengan menggandeng pihak swasta untuk menyediakan kuota lapangan kerja khusus penyandang disabilitas.

"Ketika bertugas di Jakarta, saya sering bertemu dengan perusahaan-perusahaan yang ingin membantu penyandang disabilitas tapi tidak tahu caranya seperti apa. Kalau kita buat kemitraannya, dan ada badannya, maka siapapun yang berminat membantu tinggal koordinasi ke sini, bisa difasilitasi," tutur Anies.