Bagikan:

JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) bakal menampung usulan nama tim panelis dan moderator yang disodorkan masing-masing tim sukses (timses) pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) yang nantinya akan bertugas memandu dan memimpin jalannya debat capres dan cawapres Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Ketua KPU Hasyim Asy'ari menjelaskan, saat ini KPU tengah menyiapkan tim panelis untuk masing-masing tema debat. Hasyim menjelaskan terkait nama panelis yang akan diusulkan paslon wajib disampaikan ke KPU pada Jumat, 8 Desember 2023 mendatang.

"KPU sedang menyiapkan nama-nama tim panelis untuk masing-masing tema debat. Kami memberikan kesempatan kepada masing-masing tim pasangan calon 1,2 dan 3 untuk mengusulkan nama-nama tim panelis," jelas Hasyim saat dijumpai di Gedung KPU RI, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Rabu 6 Desember.

"Yang harus disampaikan ke KPU dua hari lagi yaitu pada hari Jumat Tanggal 8 Desember 2023," sambungnya.

Selain itu, Hasyim juga menjelaskan KPU telah menyiapkan nama-nama yang akan diusulkan menjadi moderator debat.

"Kemudian pembicaraan kita yang keempat soal moderator, KPU juga sudah menyiapkan nama-nama usulan untuk moderator. Jadi moderator itu akan memimpin atau memoderasi debat capres-cawapres itu," ungkapnya.

Hasyim memerinci bahwa nantinya setiap debat capres dan cawapres akan dipandu oleh dua orang moderator pria dan wanita.

"Masing-masing debat satu sampai lima itu moderatornya dua orang laki-laki dan perempuan. Ini sedang kami matangkan," katanya.

Sama dengan usulan panelis, Hasyim menjelaskan bahwa pihaknya telah meminta usulan nama dari masing-masing paslon peserta pilpres 2024. Masing-masing tim paslon wajib menyampaikan usulan nama pada Jumat 8 Desember 2023.

"Kami juga minta usulan dari tim pasangan 1,2, dan 3 sama dengan usulan panelis tadi, maksimal disampaikan kepada kami besok hari jumat tanggal 8 Desember 2023," pungkasnya

Seperti diketahui, KPU akan menggelar 3 kali debat capres dan 2 kali debat cawapres yang mengangkat sejumlah tema.