Bagikan:

JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI melakukan karantina kepada para panelis dan moderator debat capres-cawapres Pilpres 2024. Untuk debat pertama, panelis dan moderator dikarantina dua hari sebelum pelaksanaan debat pada Selasa, 12 Desember 2023.

Hal ini sesuai dengan kesepakatan dalam rapat koordinasi yang dihadiri para panelis dan moderator debat pertama untuk capres 2024 pada Minggu, 10 Desember lalu. Selain karantina, mereka juga menandatangani pakta integritas.

"Setiap panelis dan moderator menjalani proses karantina dan menandatangani pakta integritas dalam rangka menegakkan netralitas dan integritas pelaksanaan debat," kata Komisioner KPU RI August Mellaz dalam konferensi pers di kantor KPU RI, Senin, 11 Desember.

Terdapat 11 panelis yang ditetapkan KPU untuk merumuskan pertanyaan yang akan dijawab oleh masing-masing capres, yakni Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo sesuai tema pelaksanaan debat.

Nama panelis tersebut di antaranya pakar ilmu politik UGM Mada Sukmajati, pakar ilmu politik Undana Rudi Rohi, ahli hukum tata negara Undip Lita Tyesta, pakar hukum Unand Khairul Fahmi, pakar hukum tata negara UNS Agus Riewanto, pakar hukum tata negara Unpad Susi Dwi Harijanti, Guru Besar Universitas Jember Bayu Dwi Anggono, Komnas HAM periode 2017-2020 Ahmad Taufan Damanik, Guru besar Studi Agama UIN Sunan Kalijaga Al Makin, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Gun Gun Heryanto, dan Dekan Fisipol UGM Wawan Mas'udi.

Sementara, moderator debat pertama Ardianto Wijaya dan Valerina Daniel. Keduanya adalah jurnalis TVRI.

Tema debat perdana yang digelar esok hari mengangkat tema hukum dan HAM, pemerintahan, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga.

Sementara, debat kedua yang digelar Jumat, 22 Desember 2023 mengangkat tema ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi, pajak, perdagangan, pengelolaan APBN/APBD, infrastruktur, dan perkotaan.

Debat ketiga pada Minggu, 7 Januari 2024 bertemakan pertahanan, keamanan, hubungan internasional, dan geopolitik. Debat keempat pada Minggu, 21 Januari 2024 bertema pembangunan berkelanjutan, sumber daya alam (SDA), lingkungan hidup, energi, pangan, agraria masyarakat adat dan desa.

Selanjutnya, debat kelima atau terakhir yang digelar, Minggu, 4 Februari 2024 yang mengangkat tema kesejahteraan sosial, kebudayaan, pendidikan, teknologi informasi, kesehatan, ketenagakerjaan, SDM, dan inklusi.

Dalam pelaksanaanny, debat akan berlangsung selama 150 menit. Khusus sesi debat berjalan selama 120 menit, dan 30 menit sisanya tayangan iklan. Debat terbagi dalam enam segmen.

"Segmen pertama pembukaan, pembacaan tata tertib, penyampaian visi misi dan program kerja. Segmen kedua dan ketiga pendalaman visi misi dan program kerja. Di sana akan ada pertanyaan dan interaksi di antara pasangan calon dengan pasangan calon yang lain," urai August.

"Segmen keempat dan kelima tanya jawab dan tanggapan. Di sana akan ada proses interaksi, tanggapan, lontaran pertanyaan dari pasangan calon dan direspons oleh pasangan calon yang lain. Segmen yang keenam penutup," lanjutnya.

KPU menggelar debat perdana Pilpres 2024 di halaman kantor KPU RI, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat. Debat pada Selasa, 12 Desember dijadwalkan berlangsung mulai pukul 19.00 WIB.

KPU mempersiapkan tempat debat perdana dengan desain yang dibuat melingkar layaknya tribune di stadion sepak bola. Kapasitas tempat debat yang dibangun di halaman KPU ini adalah model townhall yang bisa menampung hingga 800 orang. Panggung debat terlihat melingkar, dengan tempat duduk penonton lebih tinggi bak tribune di stadion sepak bola.

Dalam tiap pelaksanaan debat, kapasitas undangan untuk tim masing-masing paslon yang bisa hadir dalam debat maksimal 75 orang. Namun, jumlah undangan ini di luar capres-cawapres dan ketua umum partai pengusung beserta sekjennya.