Format Debat Cawapres di JCC Senayan: Begini Penjelasan Menurut Ketua KPU
Format Debat Cawapres di JCC Senayan (ANTARA)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menggelar debat calon wakil presiden (cawapres) di Jakarta Convention Center (JCC). Rencananya akan diselenggarakan pada hari Jumat, 22 Desember 2023. Debat cawapres tersebut rencananya bakal diselenggarakan pada pukul 19.00 WIB. Lantas, seperti apa format debat cawapres di JCC Senayan?

Ketua KPU Hasyim Asyari membeberkan format debat pertama cawapres. Menurut Hasyim, format debat cawapres tidak jauh berbeda dengan format debat cawapres di KPU pada Selasa, 12 Desember 2023.

"Tempat penyelenggaraan direncanakan di JCC Jakarta. Serta sebagaimana yang telah kita ikuti bersama pada debat yang pertama, debat capres, nanti format debatnya persis semacam itu, jadi terdapat 6 segmen," ujar Hasyim di kantor KPU RI, Jakarta, Senin (18/12/2023).

Format Debat Cawapres di JCC Senayan

Hasyim menyebut segmen awal yaitu penyampaian visi misi serta program kerja dari Muhaimin Iskandar, Gibrang Rakabuming Raka, serta Mahfud Md. Segmen kedua dan ketiga menanggapi persoalan yang telah disusun oleh para panelis.

"Setelah itu segmen kedua serta segmen ketiga nanti bakal diajukan beberapa persoalan yang disusun oleh tim panelis, serta yang bakal mengantarkan ataupun mengajukan pertanyaan yakni moderator," kata Hasyim.

Buat segmen keempat serta kelima tiap-tiap cawapres bakal mengajukan pertanyaan yang diajukan cawapres lain.

"Dan juga tiap-tiap calon wakil presiden diberi peluang buat menanggapi pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh tiap-tiap calon wakil presiden (cawapres). Persis semacam kita melakukan debat calon presiden yang pertama," tutur Hasyim.

"Setelah itu segmen terakhir, segmen keenam nanti clossing statement ataupun statment terakhir selaku kesimpulan dari tiap-tiap calon wakil presiden tentang topik yang dijadikan bahan buat debat calon wakil presiden," kata Hasyim.

Alfito Deannova dan Liviana Cherlisa Jadi Moderator Debat Cawapres

Komisi Pemilihan Umum (KPU) pula telah menetapkan 2 moderator buat debat cawapres Jumat 22 Desember 2023. Kedua moderator itu yaitu, Alfito Deannova serta Liviana Cherlisa.

"Moderator yang bakal memimpin ataupun memoderasi debat calon wakil presiden besok tanggal 22 Desember yang pertama ialah Alfito Deannova dari Trans Crop. Setelah itu yang kedua yakni Liviana Cherlisa," ujar Hasyim di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Senin(18/12/2023).

Ada pula tema debat kedua pilpres 2024 yang mempertemukan cawapres ialah, ekonomi (ekonomi kerakyatan serta ekonomi digital), keuangan, investasi pajak, perdagangan, pengelolaan APBN-APBD, infrastruktur, serta perkotaan.

Tidak hanya moderator, KPU pula merilis 11 nama panelis debat perdana cawapres. Para panelis nantinya bakal merumuskan persoalan buat ketiga cawapres yaitu Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka, serta Mahfud Md.

Daftar 11 Panelis Debat Cawapres Jumat 22 Desember 2023

Berikut daftar nama 11 panelis debat cawapres Jumat, 22 Desember 2023:

  1. Alamsyah Saragih (Anggota Ombudsman RI Periode 2016-2020),
  2. Adhitya Wardhono (Ekonom dan Pengajar FEB Universitas Jember),
  3. Agustinus Prasetyantoko (Ekonom dan Rektor Universitas Katolik Indonesia Alma Jaya 2015-2023),
  4. Fausan Al Rasyid (Dekan Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sunan Gunung Djati Bandung),
  5. Handri Saparini (Pendiri dan Ekonom CORE Undonesia),
  6. Hyronimus Rowa (Wakil Rektor bidang Akademik dan Inovasi IPDN),
  7. Poppy Ismalina (Associate Professor di Departemen Ekonomi Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM),
  8. Retno Agustina Ekaputri (Rektor Universitas Bengkulu 2021-2025),
  9. Suharnomo (Dekan Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro),
  10. Tauhid Ahmad (Direktur Eksekutif INDEF dan Dosen FEB Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta), dan
  11. Yosa Rizal Damuri (Direktur Eksekutif Center for Strategic and International Studies/CSIS)

Selain itu, adu gagasan Cawapres, “KPU Dipastikan Debat Bakal Interaktif“ serta berjalan dengan kondusif.

Jadi setelah mengetahui format debat cawapres di JCC Senayan, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!