Marc-Andre Ter Stegen Terancam Gagal Perkuat Jerman di Euro 2024
Kiper Barcelona Marc-Andre ter Stegen (X/@FCBarcelona).

Bagikan:

JAKARTA - Barcelona kehilangan kiper utama Marc-Andre Ter Stegen yang harus menjalani operasi punggung. Sang penjaga gawang juga terancam tak akan memperkuat Timnas Jerman di Euro 2024.

Ter Stegen sudah absen bermain untuk Barca saat dirinya mengalami cedera punggung dalam sebuah latihan Timnas Jerman pada akhir bulan lalu.

Akibat cederanya, Ter Stegen terpaksa dicoret dari skuat Jerman yang tengah mempersiapkan diri melakukan uji coba.

Dia pun kembali ke klub untuk menjalani pemulihan. Hanya, Ter Stegen tetap belum bisa tampil bersama Barca.

Posisi peraih trofi Zamora sebagai kiper terbaik La Liga musim lalu itu kemudian digantikan Inaki Pena.

Sejauh ini, Pena mampu menunjukkan performa terbaik di pertandingan liga melawan Rayo Vallecano dan Atletico Madrid serta di Liga Champions saat menghadapi Porto.

Ter Stegen tak ingin berlama-lama dengan cederanya. Saat kondisi punggung bagian bawah yang bermasalah tidak kunjung sembuh, dia akhirnya harus menjalani operasi.

"Setelah berdiskusi secara intensif dengan tim medis klub dan sejumlah dokter ahli, kami memutuskan untuk menjalani operasi," demikian tulis Ter Stegen di akun Instagram.

"Masa istirahat ini jelas membuat saya mengalami kesulitan. Namun, ini menjadi keputusan terbaik dan paling tepat agar saya kembali ke kondisi terbaik saya untuk klub @fcbarcelona dan Timnas @dfb_team," kata kiper berusia 31 itu.

Absennya Ter Stegen menjadi pukulan berat bagi Barca yang tengah bersaing ketat tidak hanya dengan Real Madrid, tetapi juga tim kejutan Girona di kompeisi domestik.

Belum diketahui sampai kapan kiper berjuluk Berlin Wall alias Tembok Berlin ini harus menepi untuk menjalani pemulihan.

Media lokal menyebutkan Ter Stegen bakal absen selama beberapa bulan dan baru kembali pada Februari 2024. Ini berarti dirinya dipastikan absen saat Blaugrana berlaga di Liga Champions pada Februari 2024.

Bila proses pemulihan lebih lama, Ter Stegen bahkan terancam absen memperkuat Jerman di Euro 2024 yang digelar di negara sendiri pada 14 Juni hingga 14 Juli 2024.

Apalagi, eks kiper Borussia Moenchengladbach ini kembali mendapat pesaing dari kiper utama Manuel Neuer yang sudah pulih dari cedera kaki pada Desember 2022.

Neuer mengalami cedera saat bermain ski usai kegagalan Jerman di Piala Dunia 2022. Saat Neuer absen, Ter Stegen yang menjadi kiper utama timnas.

Dia bermain delapan kali dari sembilan pertandingan Die Mannschaft sepanjang 2023.

Ter Stegen sesungguhnya sudah 11 tahun menjadi bagian dari Timnas Jerman. Meski sudah lama, dia hanya menjadi pelapis Neuer dan baru bermain 38 kali.

Dia tak pernah bermain di Piala Dunia ataupun Euro karena posisi kiper utama menjadi milik Neuer.

Saat Ter Stegen mengalami cedera, posisi kiper Timnas Jerman kemudian diambil alih Kevin Trapp yang bermain pada dua laga uji coba.

Namun, tak lama lagi, posisi itu bakal kembali diambil alih Neuer yang sudah pulih dan memperkuat Bayern Munchen di berbagai kompetisi.

Ter Stegen yang memenangi trofi La Liga dan sekali Liga Champions ini sesungguhnya tampil cemerlang musim ini. Dari 17 kali laga, dirinya bisa menjaga clean-sheet di delapan pertandingan.