Turnamen Billiar Indonesia International Open 2024 Diikuti 152 Atlet
POBSI akan menyelenggarakan turmanen billiar Indonesia International Open 2024 (VOI/Cosmas Kopong Beda).

Bagikan:

JAKARTA – Persatuan Olahraga Biliar Seluruh Indonesia (POBSI) akan menggelar turnamen Indonesia International Open 2024 awal tahun depan yang diikuti ratusan atlet dari beberapa negara.

Ketua Umum POBSI, Hary Tanoesoedibjo, dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa, 5 Desember 2023, mengatakan turnamen billiar kelas dunia tersebut akan berlangsung pada 21-25 Januari 2024 di Jakarta.

"Untuk pertama kalinya Indonesia menyelenggarakan turnamen billiar berkelas internasional. Ada 152 atlet dari berbagai dunia, seperti Asia, Eropa, dan Afrika," kata dia.

Selain mengundang atlet biliar terbaik dari berbagai negara, kualifikasi Indonesia International Open 2024 secara terbuka memberi kesempatan untuk atlet nasional potensial.

Turnamen akan dimulai dari babak kualifikasi pada 16-19 Januari 2024 untuk mendapat 16 slot menuju ajang utama. Kuota tersebut akan diperebutkan oleh atlet nasional dan internasional.

"Harapan kami turnamen ini berjalan lancar dan sukses karena billiar perlu kita angkat agar semakin berkembang. Apalagi mendapat dukungan banyak pihak seperti Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora)," ujar Hary.

Turnamen akan mempertandingkan Bola 10 untuk kategori dewasa dan Bola 9 untuk atlet berusia 17 tahun ke bawah (U-17). Perinciannya, 128 atlet di kategori dewasa dan 24 atlet di kategori usia U-17.

Acara berlevel internasional ini disambut baik oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Dito Ariotedjo.

Dia mengatakan ini momentum tepat setelah Indonesia baru juara dunia junior melalui atlet billiar Derin Asaku Sitorus.

"Momentum juga tepat karena baru saja Derin atlet Indonesia berusia 14 tahun bisa menjadi juara dunia junior 10 Ball di Austria. Kemenpora sangat senang dengan adanya turnamen ini dan sangat mendukung," katanya.