Bagikan:

JAKARTA – Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) memutuskan merombak dua ganda putri untuk tampil di ajang Indonesia International Challenge 2024.

Kedua pasangan dimaksud adalah Siti Fadia Silva Ramadhanti berpartner dengan Lanny Tria Mayasari serta Rachel Allessya Rose berpasangan dengan Kelly Larissa.

Pasangan-pasangan ini akan debut pada turnamen yang bergulir pada 22-27 Oktober 2024 di Jatim Expo, Surabaya, Jawa Timur. Indonesia total punya 82 pemain yang akan bermain.

"Semoga turnamen ini menjadi inspirasi untuk terus memunculkan atlet-atlet berbakat," ujar Ketua Panitia Penyelenggara, Armand Darmadji, dalam keterangan yang diterima dari PBSI.

Fadia sebelumnya berpasangan dengan peraih medali emas Olimpiade Tokyo 2020, Apriyani Rahayu. Namun, mereka belum bertanding lagi sejak Olimpiade Paris 2024 karena kondisi Apri yang belum fit.

Sementara itu, Rachel sebelumnya berpasangan dengan Lanny Tria Mayasari. Rachel/Lanny terakhir kali bermain bersama di China Taipei Open 2024, di mana mereka kandas di babak kedua.

Selain debut kedua pasangan di atas, turnamen ini juga diikuti oleh sejumlah nama yang membela Indonesia pada Kejuaraan Dunia Junior 2024 di China bulan ini.

Mereka adalah Mohammad Zaki Ubaidillah, Bismo Raya Oktora, Mutiara Ayu Puspitasari, hingga Isyana Syahira Meida/Rinjani Kwinara Nastine. Nama-nama ini membantu Indonesia keluar menjadi juara pada saat itu.

Selain itu, ada juga pasangan ganda Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan/Rahmat Hidayat. Pasangan peringkat 61 dunia itu dipasangkan pada awal tahun ini.

"Kami tentu ingin menjadi juara. Dengan persiapan yang kami lakukan, kami mencoba memberikan yang terbaik pada setiap pertandingannya," kata Rahmat.

Total, Indonesia International Challenge 2024 diikuti oleh 233 pemain dari 19 negara, termasuk Indonesia sebagai tuan rumah.

Negara peserta adalah Australia, Brunei Darussalam, Siprus, Mesir, Perancis, Hong Kong, India, Jepang, Malaysia, Meksico, Myanmar, Filipina, Sri Lanka, Swiss, Thailand, China Taipei, Amerika Serikat, dan Zambia.