Bagikan:

JAKARTA - Barcelona mengukuhkan posisinya di puncak klasemen dan meninggalkan pesaingnya, Real Madrid. Dalam pertandingan La Liga Spanyol di Stadion Olimpic Lluis Companys, Senin, 21 Oktober 2024 dini hari WIB, striker Robert Lewandowski dan Pablo Torre mencetak brace saat Barca menghajar Sevilla 5-1.

Barca tak memberi ampun kepada Sevilla dalam duel di kompetisi domestik. Tampil di kandang sendiri, Barca sudah menghabisi lawannya dengan mencetak tiga gol dalam tempo 15 menit.

Ini menjadi kemenangan kedua Barca setelah menaklukkan Deportivo Alaves 3-0. Sebelumnya, Barca harus mengakui keunggulan Osasuna 4-2 yang menjadikan kekalahan pertama di musim ini.

Keberhasilan meraih tiga poin menjadikan Barca meninggalkan Madrid. Kini, Barca mengantungi poin 27. Unggul tiga poin dari Madrid yang menduduki peringkat dua.

Sementara, Sevilla masih berkutat di papan bawah. Mereka menduduki peringkat 13 dengan mengantungi poin 12. Sama dengan Real Sociedad dan Girona, namun Sevilla memiliki selisih gol paling sedikit.

Laga yang ditandai dengan kembalinya gelandang Gavi yang absen selama 348 atau lebih dari satu tahun karena cedera ACL saat memperkuat tim nasional Spanyol. Barca sepenuhnya mendominasi.

Namun tim asuhan Hansi Flick harus menunggu hingga menit 24 untuk membobol gawang Sevilla. Lewandowski membuka pesta gol Blaugrana dari titik penalti. Barca mendapat hadiah penalti setelah Raphinha dijatuhkan di kotak terlarang dan Lewandowski menuntaskan eksekusi tersebut.

Hanya berselang empat menit, Barca sudah memperbesar keunggulan menjadi 2-0. Kali ini gelandang Pedri yang mencetak gol lewat tendangan yang mengarah ke sudut atas gawang.

Selanjutnya Lewandowski mencetak brace setelah menuntaskan assist dari Raphinha di menit 39. Performa trisula Lamine Yamal, Lewandowski dan kapten Raphinha memang tampil mengesankan musim ini. Mereka sukses mengemas 21 dari 33 gol Barca. Sementara Lewandowski sudah mengoleksi 12 gol dari 10 pertandingan. Skor 3-0 untuk Barca bertahan hingga babak pertama usai.

Di babak kedua, Barca sudah tidak terbendung. Mereka tetap bermain agresif dengan menekan pertahanan Sevilla. Hanya tim tamu mulai memperbaiki sektor pertahanan yang menyulitka Barca memperbesar keunggulan.

Saat laga memasuki babak akhir, kedua tim justru menunjukkan agresivitas membobol gawang lawan. Barca akhirnya memecah kebuntuan saat Torre mencetak gol keempat di menit 82.

Sevilla sendiri akhirnya bisa memperkecil ketinggalan gol. Stanis Idumbo sukses menaklukkan kiper Inaki Pena untuk mengubah skor menjadi 4-1 di menit 87.

Namun hanya satu menit berselang, Barca malah berhasil menambah gol. Kali ini, Torre yang masuk menggantikan Yamal mencetak brace dan skor berubah menjadi 5-1. Skor itu bertahan hingga laga usai.