Bagikan:

JAKARTA – Indonesia memastikan diri mendapat tiga gelar di ajang Indonesia International Challenge 2024 dari total lima wakil yang bermain dalam laga puncak kompetisi.

Rangkaian pertandingan babak final dari turnamen tersebut rampung digelar pada Minggu, 27 Oktober kemarin, di Jatim EXPO, Surabaya, Jawa Timur.

Ketiga gelar itu masing-masing didapat oleh ganda campuran Jafar Hidayatullah/Felisha Alberta Nathaniel Pasaribu, ganda putri Lanny Tria Mayasari/Siti Fadia Silva Ramadhani, dan pasangan ganda putra Rahmat Hidayat/Yeremia Rambitan.

Jafar/Felisha menjadi wakil pertama yang mengamankan gelar. Pasangan ini keluar sebagai juara setelah menang atas kompatriot mereka, Amri Syahnawi/Nita Violina Marwah.

Ini merupakan kemenangan kedua Jafar/Felisah dari total tiga bentrok kompetitif dengan rekan mereka tersebut. Satu-satunya kekalahan di periode itu terjadi di Malaysia International Challenge 2024 pada September kemarin.

Adapun gelar kedua diamankan oleh Lanny/Fadia. Pasangan tersebut memenangi titel usai menekuk unggulan pertama asal Chinese Taipei, Hsieh Pei Shan/Hung En-Tzu.

Ini merupakan turnamen debut Lanny/Fadia sebagai pasangan. Mereka baru saja dirombak ke komposisi sekarang setelah sebelumnya masing-masing berpasangan dengan Rachel Allessya Rose dan Apriyani Rahayu.

Lanny sebelum ini berpartner dengan Rachel dan memainkan ajang terakhir mereka di Taipei Open 2024, sedangkan Fadia dan Apri terakhir kali tampil bersama di Olimpiade 2024 Paris.

Kejayaan Indonesia kemudian ditutup oleh unggulan pertama Rahmat/Yeremia. Ganda ini naik podium tertinggi setelah sukses menekuk wakil Chinese Taipei, Lu Ching Yao/Wu Guan Xun.

Ini merupakan gelar kedua buat Rahmat/Yeremia pada tahun ini sejak dipasangkan. Adapun satu gelar lainnya mereka amankan saat tampil di Sri Lanka International Challenge 2024.

Sementara itu, satu wakil Indonesia lainnya yang mampu menembus final turnamenl, tetapi gagal juara adalah tunggal putri Mutiara Ayu Puspitasari.

Pebulu tangkis berusia 18 tahun asal Ngawi dan unggulan kedelapan tersebut harus mengubur mimpinya setelah takluk melawan tunggal Thailand, Yataweemin Ketklieng.

Hasil Indonesia International Challenge 2024

Tunggal Putra

Koo Takahashi (Jepang) vs Riku Hatano (Jepang): 21-18 dan 21-11

Tunggal Putri

Yataweemin Ketklieng (Thailand) vs Mutiara Ayu Puspitasari (Indonesia): 18-21, 21-12, dan 21-16

Ganda Putra

Rahmat Hidayat/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan (Indonesia) vs Lu Ching Yao/Wu Guan Xun (China Taipei): 23-21 dan 23-21

Ganda Putri

Lanny Tria Mayasari/Siti Fadia Silva Ramadhanti (Indonesia) vs Hung En-Tzu/Hsieh Pei Shan (China Taipei): 21-9 dan 21-16

Ganda Campuran

Jafar Hidayatullah/Felisha Alberta Nathaniel Pasaribu (Indonesia) vs Amri Syahnawi/Nita Violina Marwah (Indonesia): 21-13 dan 21-15