Bagikan:

JAKARTA – Pasangan ganda putra Indonesia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto akan tampil di Singapura Open dan Indonesia Open 2024 sebagai persiapan untuk ke Olimpiade Paris di pertengahan tahun ini.

Kedua turnamen itu berturut-turut berada di level Super 750 BWF dan Super 1000 BWF. Turnamen pertama akan berlangsung dari 28 Mei sampai 2 Juni, sedangkan satunya digelar pada 4 sampai dengan 9 Juni nanti.

Kepala Pelatih Ganda Putra Aryono Miranat memastikan bahwa anak asuhnya akan melewatkan beberapa turnamen dan hanya bermain di dua ajang besar itu sebelum ke Paris untuk mengikuti ajang empat tahunan paling akbar di atas.

”Dua saja. Singapura Open dan Indonesia Open,” jawab Aryono ketika ditanya turnamen maja saja yang akan diikuti oleh Fajar/Rian sebelum terbang ke Prancis pada bulan Juli nanti saat ditemui di Pelatnas, Rabu, 8 Mei.

Dalam kalender BWF Tour 2024, setidaknya masih ada enam turnamen yang sebenarnya bisa diikuti oleh atlet-atlet yang sudah lolos ke Prancis. Selain dua di atas, empat turnamen lain yang ada dalam daftar sama-sama berlevel Super 500 BWF.

Satu dari salah satu turnamen yang ada di level itu adalah Thailand Open yang dihelat pekan depan dari 14 sampai dengan 19 Mei. Adapun tiga lainnya adalah Malaysia Masters (21-26 Mei), Australia Open (11-16 Juni), dan Kanada Open (2-7) Juli nanti.

Aryono menjelaskan bahwa Fajar/Rian hanya fokus ke dua turnamen besar itu karena sudah tidak mungkin untuk mengejar poin dan naik ke ranking empat agar bisa menjadi unggulan di Paris.

”Kecuali mereka bisa kejar ke [ranking) 4. Kalau 4, ranking 1-4, itu sudah ditempati. Mereka dari [ranking] 7 sangat jauh untuk kejar. Jadi, lebih baik persiapan di Singapore dan Indonesia saja,” katanya.

Fajar/Rian adalah satu-satunya ganda putra yang lolos ke Paris nanti. Mereka mendapat tiket ke sana bersama Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie, Gregoria Mariska Tunjung, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti, dan Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari.

Olimpiade Paris akan berlangsung dari 26 Juli sampai dengan 11 Agustus. Bulu tangkis akan kembali diandalkan untuk membawa pulang medali emas dari ajang empat tahunan ini.