Bagikan:

JAKARTA - UEFA bakal mengusung teknologi canggih dalam pergelaran Euro 2024 demi menghindari kontroversi di lapangan. Mereka bakal menggunakan bola yang bisa mendeteksi handball.

Melansir Mirror pada Selasa, 5 Desember 2023, disebutkan bahwa UEFA akan menggunakan teknologi microchip yang disematkan di bola terbaru keluaran Adidas bernama, Fussballliebe.

Teknologi itu digunakan untuk dapat membantu wasit VAR mengidentifikasi setiap sentuhan bola yang dilakukan pemain.

Diterapkannya teknologi tersebut juga diharapkan bisa mengurangi waktu analisis ketika ada insiden handball di kotak penalti yang membutuhkan keputusan jelas dari wasit VAR.

Keputusan menggunakan teknologi canggih itu juga berkaca pada kekeliruan wasit yang memberikan penalti untuk Paris Saint-Germain lantaran menganggap pemain Newcastle, Tino Livramento, handball di kotak terlarang.

Keputusan itu dibuat setelah wasit meninjau ulang VAR. Kendati demikian, keputusan tersebut dianggap kontroversi dan tidak sesuai.

Kehadiran Fussballliebe diharapkan bisa membantu wasit untuk membuat keputusan lebih akurat. Wasit harus bisa menentukan sebuah gol harus dianulir jika dicetak langsung dengan tangan atau lengan pemain meskipun tidak disengaja atau pada saat proses build-up.