Rusia Tak Ikut Undian Kualifikasi Euro 2024, Dampak Invasi ke Ukraina Terus Berlanjut
Timnas Rusia tak akan ambil bagian di Euro 2024. (Foto: Twitter @TeamRussia)

Bagikan:

JAKARTA - Asosiasi Sepak Bola Uni Eropa (UEFA) mengumumkan Rusia tak akan ikut ambil bagian dalam undian kualifikasi Euro 2024. Hal ini juga dikonfirmasi pihak Federasi Sepak Bola Rusia.

Hal ini masih buntut dari invasi Rusia ke Ukraina. Seperti diketahui, kebijakan itu membuat timnas dan klub-klub Rusia dilarang mengikuti kompetisi internasional, termasuk di Eropa.

Rusia sebenarnya sudah mengajukan banding atas larangan yang dikeluarkan UEFA itu. Namun, Pengadilan Arbitrase Olahraga atau CAS menolak pengajuan banding tersebut.

"Semua tim Rusia saat ini ditangguhkan menyusul keputusan Komite Eksekutif UEFA pada 28 Februari 2022 yang ditindaklanjuti oleh Pengadilan Arbitrase Olahraga pada 15 Juli 2022," demikian pernyataan UEFA, seperti dikutip Antara dari AFP, Rabu, 21 September 2022.

"Oleh karena itu, Rusia tidak termasuk dalam undian kualifikasi Kejuaraan Sepak Bola Eropa UEFA 2024," lanjut pernyataan tersebut.

Selain tak ikut EURO 2024, Rusia juga telah dilarang ikut kompetisi akbar Piala Dunia 2022 di Qatar. Padahal mereka sudah berhasil lolos ke babak play off kualifikasi zona Eropa.

Seperti diketahui, Euro 2024 akan berlangsung di Jerman. Undian kualifikasi bakal digelar pada 9 Oktober mendatang di Frankfurt.

Selain Rusia, Menteri Dalam Negeri Jerman juga telah meminta Belarusia untuk dilarang ikut serta karena mendukung invasi Rusia ke Ukraina.