Bagikan:

JAKARTA - Laga kualifikasi Euro 2024 Belgia melawan Swedia yang dihentikan setelah adanya insiden penembakan di Brussels tidak akan dilanjutkan. UEFA menyatakan pertandingan yang digelar di King Baudouin, Brussels, Selasa, 17 Oktober 2024 dini hari WIB itu 'sudah selesai' dengan skor akhir tetap 1-1

Pertandingan di Grup F itu sendiri berjalan lancar dan aman. Swedia unggul lebih dulu melalui Viktor Gyokeres yang mencetak gol menit 15. Selanjutnya Begia menyamakan skor saat striker Romelu Lukaku mencetak gol dari titik penalti di menit 31.

Saat ada kejadian penembakan yang menewaskan dua warga negara Swedia, UEFA menghentikan pertandingan karena faktor keamanan. Hanya, UEFA kemudian memutuskan pertandingan tak dilanjutkan.

"Masing-masing tim medapat poin satu dan klasemen di Grup F pun diperbarui," demikian pernyataan dari UEFA. "Meski demikian bagi yang melakukan pelanggaran sehingga menerima sanksi larangan bermain dan satu kartu kuning tetap berlaku."

Keputusan itu menyebutkan pemain yang mendapat kartu atas pelanggaran yang dilakukannya tidak akan diputihkan. Begitu pula bila pemain harus absen karena akumulasi kartu di pertandingan itu tetap diberlakukan di pertandingan berikutnya.

UEFA memutuskan laga dinyatakan selesai karena sulit untuk dilanjutkan dalam beberapa hari ke depan. Apalagi Federasi sepak bola Belgia dan Swedia tidak memang tak ingin melanjutkannya.

"Komite Eksekutif [UEFA] menyatakan sulit untuk melanjutkan pertandingan. Baik Asosiasi Sepak Bola Belgia [RBFA] dan Asosiasi Sepak Bola Swedia [SFA] juga menilai tidak perlu melanjutkan pertandingan dan hasil imbang di babak pertama dianggap sudah final," penjelasan lebih lanjut dari UEFA.

"Usulan laga dilanjutkan pada November saat ada jadwal pertandingan internasional tak bisa diterima karena penyisihan grup sudah harus selesai yang kemudian diikuti babak play-off dan undian putaran final."

Hasil itu memang tidak mengubah status dan posisi kedua tim. Belgia sudah pasti lolos ke putaran final Euro 2024. Mereka tetap bertengger di puncak klasemen dengan poin 17.

Sementara Swedia menempati peringkat tiga dengan poin tujuh. Austria yang menduduki posisi kedua juga lolos mendampingi Belgia.

"Hasil dari pertandingan itu memang tidak berpengaruh pada Grup F. Belgia secara matematis sudah lolos ke Euro 2024 (bersama Austria) dan Swedia secara matematis sudah tersingkir," kata UEFA.

Federasi sepak bola Belgia menyambut positif keputusan UEFA. Dalam pernyataan resmi, keputusan itu sesuai dengan keinginan kedua federasi sepak bola.

"Kami menyambut gembira dengan keputusan UEFA. Keputusa ini sejalan dengan keinginan kedua federasi. Saat ini olahraga nomor dua karena kami masih memikirkan korban dan keluarga mereka," demikian pernyataan FA Belgia.

Insiden penembakan oleh teroris memang mengincar fans Swedia yang sedang berada di Belgia untuk mendukung timnas yang bertanding. Pelaku melakukan penembakan yang membuat dua WN Swedia meninggal dunia.

Polisi kemudian mengejar pelaku yang ternyata warga Tunisia berusia 45. Diketahui dia ternyata tinggal secara ilegal di Belgia.

Melalui operasi yang dilakukan, petugas berhasil menangkap tersangka saat berada di sebuah kafe di kawasan Schaerbeek. Hanya, dia kemudian ditembak mati karena melakukan perlawanan.