Cegah Penularan, 90 Peserta Penderita HIV Ikuti Kegiatan Hari AIDS Sedunia di Tangsel
Pemeriksaan Penderita HIV di Tangsel (dok.Istimewa)

Bagikan:

TANGERANG - Sebanyak 90 peserta penderita orang yang hidup dengan HIV (ODHIV) mengikuti kegiatan hari AIDS Sedunia. Dalam kegiatan ini, mereka diberikan edukasi dan pemahaman untuk tidak memberikan stigma negatif kepada penyandang ODHIV.

Ketua Pelaksana Hari AIDS Sedunia, dr Hardiyanti mengatakan tujuannya membuat kegiatan ini yakni untuk menurunkan angka kematian penderita HIV Aids. Selain itu juga diberikan edukasi dan pemahaman terkait penyakit tersebut.

“Tujuannya untuk tidak ada lagi kasus baru, tidak ada lagi penderita kematian karena HIV AIDS dan tidak lagi diskriminasi kepada penderita ODHIV ataupun ODHA (Orang dengan HIV/AIDS,” kata Hardiyanti kepada wartawan di Taman Kota, Serpong, Tangerang Selatan, Minggu, 3 Desember.

Ia juga menyebut program kegiatan ini merupakan bagian dari arahan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk menurunkan angka penderita HIV AIDS.

“Ini merupakan visi dan misi kemenkes yang harus kita lakukan bersama,” ucapnya.

Ketua Perhimpunan Dokter Ahli Penyakit, dr Ahmad Mekka mengaku mendukung penuh kegiatan ini. Karena kegiatan ini bertujuan untuk mencegah penularan dan mendukung penuh penyandang ODHIV dan ODHA.

“Mendukung penuh program ini untuk mencegah bahaya HIV AIDS sekaligus memberikan dukungan penyandang ODHIV. (Sekaligus) sebagai bentuk solidaritas untuk menepis dan melawan penderita HIV AIDS,” tutupnya.