Manchester City vs Tottenham: Mencari Siapa yang Terbaik
Manchester City akan menjamu Tottenham Hotspur pada laga pekan ke-14 Liga Inggris 2023/2024 (Instagram/@mancity).

Bagikan:

JAKARTA – Pekan ke-14 Liga Inggris 2023/2024 menyajikan big match yang mempertemukan Manchester City vs Tottenham di Stadion Etihad pada Minggu, 3 Desember 2023, malam WIB.

Perjumpaan ini kian menarik. Selain persaingan di papan atas klasemen, rekor pertemuan kedua tim memiliki gengsi tersendiri.

Baik Man City maupun Spurs sama-sama mengemas 66 kemenangan, sebanyak 36 lainnya berakhir seri. Dengan kata lain, laga kali ini akan menentukan siapa yang terbaik.

Pep Guardiola, pelatih The Citizens, bahkan sudah tak sabar menantikan laga ini. Apalagi perjalanan Spurs di liga lumayan mengesankan.

Anak asuh Ange Postecoglou berada di peringkat kelima dengan 26 poin dari hasil delapan kemenangan, dua seri, dan tiga kekalahan.

“(Postecoglou) sudah berada di sana sejak hari pertama, sejak pertandingan pertama Liga Inggris. Saya merasa tidak peduli hasilnya, tidak peduli lawannya, kandang atau tandang, mereka melakukan apa yang harus mereka lakukan.”

“Saya suka itu. Mustahil Anda tidak melihat pertandingan menarik yang mana kedua tim ingin mencoba melakukannya (yang terbaik),” kata Guardiola di The National News.

Hanya saja, jika bicara torehan terkini, Man City jelas lebih baik. Mereka sudah lima kali tak terkalahkan, tiga kemenangan dan dua seri di Liga Inggris 2023/2024.

Kubu Spurs malah merana. Mereka menelan tiga kekalahan beruntun pada tiga partai terakhir setelah meraih dua kemenangan.

Artinya, Tottenham bertamu dengan misi kebangkitan. Namun, tampaknya bakal mendapat ganjalan.

Soalnya, selain City dalam tren positif, Stadion Etihad juga terkenal angker. The Citizens sudah 17 laga tak terkalahkan di kandang. Detailnya, 15 kali menang dan dua berakhir seri.

Batu sandungan lain yang akan didapat Spurs berasal dari dalam. Mereka bakal menemui kesulitan menghadapi tuan rumah dalam keadaan pincang.

Sejumlah pilar utama harus menepi. Rodrigo Bentancur dan Pape Sarr cedera. James Maddison dan Richarlison juga demikian.

Ditambah lagi krisis bek tengah lantaran Cristian Romero dan Micky van de Ven harus menjalani skorsing.

Meski begitu, Postecoglou yakin pasukannya akan mampu menghadapi City dengan baik.

“Peran saya adalah menunjukkan kepada mereka bahwa ini masih merupakan berjalan ke depan. Kami harus percaya kepada sepak bola yang ingin kami mainkan.”

“Meskipun beberapa hasil terakhir tidak terlalu bagus, saya rasa para pemain tidak merasa kesulitan. Kami melakukan segalanya dengan benar, bahkan dengan banyaknya pemain yang absen, kami masih merupakan tim sepak bola yang sangat bagus. Saya tidak merasa berada pada titik di mana saya kehilangan pemain,” kata Postecoglou.

Namun, tetap saja keyakinan arsitek Tottenham tetap tak mengubah favoritisme City. Tuan rumah diunggulkan meraih tiga poin di hadapan publik sendiri.

Prakiraan Formasi

Manchester City (4-2-3-1): Ederson; Walker, Stones, Akanji, Gvardiol; Rodri, Silva; Foden, Alvarez, Doku; Haaland

Tottenham Hotspur (4-2-3-1): Vicario; Porro, Emerson, Davies, Udogie; Bissouma, Lo Celso; Johnson, Kulusevski, Gil; Son