Elektabilitas Riza Patria di Posisi Buncit, Gerindra Jadikan Referensi Menimang Pilgub DKI Mendatang
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Foto: Diah Ayu Wardani/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Lembaga survei Media Survei Indonesia (Median) merilis hasil survei mengenai persaingan kursi Gubernur DKI Jakarta saat pilkada. 

Hasilnya, nama Ahmad Riza Patria menempati urutan 10 dari 11 orang yang dipilih responden dengan porsi 0,5 persen. Riza berada jauh di bawah Anies Baswedan yang menempati posisi pertama dengan porsi 40,5 persen.

Riza merupakan Ketua DPD Partai Gerindra DKI. Saat ini Riza juga menjabat sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta.

Menanggapi hasil survei ini, Wakil Ketua DPD Partai Gerindra DKI Jakarta, Syarif mengaku akan menjadikan hasil survei Median sebagai referensi dalam menyusun strategi Pilkada DKI di waktu mendatang.

"Survei itu kan satu metode ilmiah yang harus kita apresiasi untuk menjajak persepsi masyarakat. Itu yang harus kita jadikan pegangan bahwa survei mengukur, memotret persepsi orang hari ini," kata Syarif saat dihubungi, Selasa, 16 Februari.

Syarif mengaku pihaknya menghormati hasil survei tersebut. Namun, Syarif menganggap bisa saja posisi Riza bisa naik seiring dengan kinerjanya sebagai orang nomor dua di DKI.

"Apakah nanti bulan-bulan mendatang hasil posisi masing-masing calon sama, meningkat, atau menurun kita enggak tahu. Jadi, bacaan yang bisa menjadi bahan pertimbangan stakeholder pemangku kepentingan partai-partai," tutur dia.

Saat ditanya peluang untuk mengusung kembali Riza dalam penyelenggaraan Pilkada DKI selanjutnya, Syarif menjawab diplomatis. Dia bilang, partainya juga belum memikirkan soal calon Gubernur DKI.

"Untuk Gerindra sendiri, kan kita belum punya beleid kebijakan apa pun terkait posisi Pak Riza. Apakah dia akan dicalonkan kembali atau tidak, atau mencari calon lain, juga tidak pernah dibicarakan," pungkasnya.