Survei Median: Warga Puas dan Ingin Anies Maju Lagi di Pilgub DKI
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (DOK. Instagram aniesbaswedan)

Bagikan:

JAKARTA - Hasil survei Media Survei Indonesia (Median) menunjukkan kinerja Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memuaskan. 

Direktur Riset Median Ade Irfan Abdurahman yang mengatakan 52,5 persen responden merasa puas dengan pekerjaan yang telah dilakukan Anies selama dia menjabat.

"Orang yang puas dengan kinerja beliau (Anies Baswedan, red) 52,5 persen sedangkan orang yang tidak puas itu 32,5 persen. Sementara yang tidak tahu atau tidak jawab 15,05 persen," kata Ade dalam saat memaparkan hasil survei bertajuk 'Persaingan Ketat Kursi Gubernur DKI Jakarta', Senin, 15 Februari.

Median mencatat sebanyak 48 persen responden ingin agar Anies kembali maju sebagai calon petahana di Pilkada DKI Jakarta meski belum diketahui pelaksanaannya pada tahun 2022 atau 2024 mendatang. Sementara sebanyak 38 persen meminta Anies digantikan dengan tokoh lain dan 14 persen lainnya tidak menjawab.

Dalam survei ini ada beberapa hal yang dinilai para responden telah berhasil dilakukan Anies sebagai Gubernur DKI Jakarta. Keberhasilan pertama adalah terkait bantuan sosial COVID-19 yang dinilai 7,8 persen responden telah dijalankan oleh mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan bersama jajarannya.

Selanjutnya, 6 persen responden menganggap Anies berhasil membangun infrastruktur; 3,8 persen responden menganggap Anies berhasil membuat transportasi umum lebih rapi; 3,5 persen menilai Anies berhasil melakukan penataan kota; dan 2,5 persen menilai Anies berhasil menerapkan pendidikan gratis.

Sementara untuk kekurangan, sebanyak 8 persen responden menilai Anies kurang untuk perihal ekonomi dan mengurusi pengangguran; 5,8 persen menilai dia masih kurang dalam menangani pandemi COVID-19 di DKI Jakarta; 5,3 persen menilai Anies kurang menangani masalah banjir; 5 persen menilai pembagian bansos belum merata; dan 2,5 responden menilai Anies belum tegas.

Sedangkan untuk masalah yang harus diprioritaskan, 22 persen responden menilai Anies dan jajarannya harus fokus pada masalah penanganan pandemi COVID-19.

Kemudian, 18,8 persen responden menilai Anies harus memberikan prioritas terhadap ekonomi yang menurun dan angka pengangguran; 15 persen responden menilai prioritas harus diberikan untuk menangani banjir; 5,3 persen menilai macet juga harus menjadi prioritas; dan terakhir 3,8 persen responden menilai bansos yang kurang tepat sasaran harus jadi perhatian Anies.

Survei Median digelar pada 31 Januari hingga 3 Februari dengan responden sebanyak 400 orang yang merupakan warga DKI Jakarta yang memiliki hak pilih. Survei dilakukan dengan margin of error kurang dari 4,9 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen dan sampel dipilih menggunakan multistage random sampling dan proporsional atas populasi.