Bagikan:

WONOSOBO - Kecelakaan galian longsor yang menewaskan tiga pekerja terjadi di Desa Kalierang, Kecamatan Selomerto, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah pada Kamis sore. 

Diduga kecelakaan ini terjadi karena kondisi tanah yang labil dan getaran dari kendaraan yang melintas di jalan raya di sekitarnya.

Kronologi kejadian ini berawal saat tiga pekerja sedang melakukan pekerjaan perkuatan saluran drainase atau gorong-gorong secara manual. Saat mereka melakukan penggalian, tanah di sekitarnya tiba-tiba longsor dengan ketinggian sekitar 2 meter dan menimbun tiga korban.

Ketiga pekerja yang tewas adalah Martin dari Wonosobo, Aris dari Purwokerto, dan Turahman dari Batang. Salah satu di antara mereka meninggal di lokasi kejadian, sementara dua lainnya meninggal dalam perjalanan menuju rumah sakit.

Kepala Pelaksana BPBD Wonosobo, Bambang Trie, menjelaskan bahwa lokasi kejadian berada di pinggir jalan raya yang padat kendaraan, dan getaran dari kendaraan tersebut kemungkinan menyebabkan gundukan tanah dan dinding gorong-gorong longsor.

"Gorong-gorong yang menjadi lokasi kejadian adalah yang sedang dalam proses perbaikan dan pelebaran," dalam keteranganya, Jumat 3 November.

Awalnya, gorong-gorong tersebut menggunakan beton diameter 1 meter, namun sedang dalam proses pembaruan menjadi bangunan beton leter u dengan ukuran yang lebih besar.

Saat ini, ketiga jenazah korban masih menunggu pihak keluarga. Kejadian ini juga menyebabkan kemacetan lalu lintas di sekitar lokasi karena banyak warga yang ingin mengetahui lebih lanjut tentang insiden tersebut.