Tips Memilih Produk untuk Dropship agar Ramai Terjual dan Pembeli Repeat Order
Tips memilih produk untuk dropship (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Dropship menjadi salah satu kegiatan bisnis yang banyak diminati karena prosesnya yang praktis dan nggak ribet. Seorang dropshipper menjual produk dari produsen, tanpa harus menyetok atau membeli barangnya terlebih dahulu. Jika berminat menjalankan model bisnis ini, Anda perlu tahu tips memilih produk untuk dropship. 

Sebagai dropshipper Anda tidak perlu mengeluarkan dana untuk membeli barang, sehingga bisa menghemat keuangan dan tak perlu takut rugi jika barang tidak terjual. Selain itu, dengan mengambil barang langsung dari produsen maka Anda bisa mendapat margin atau keuntungan lebih banyak. 

Namun meski keuntungannya menggiurkan, sebaiknya Anda tidak asal memilih barang atau produk untuk dropship. Ada produk yang memiliki potensi penjualan tinggi, serta ada pula yang sebaliknya. Oleh karena itu, Anda perlu tahu tips memilih produk untuk dropship agar bisa meraup banyak cuan. 

Tips Memilih Produk untuk Dropship

Ada berbagai jenis produk yang bisa Anda pilih untuk dijual kembali sebagai dropshipper. Namun kesalahan memilih produk bisa berakibat pada kesulitan memasarkannya dan minimnya penjualan. Pemilihan produk yang tepat akan menentukan kesuksesan bisnis dropship.

Bagi Anda yang tertarik menjadi dropshipper, berikut ini tips memilih produk untuk dropship yang perlu Anda tahu:

Riset Produk Terlebih Dahulu

Saat akan memulai bisnis dropship, pastikan Anda riset produk terlebih dahulu untuk menentukan barang yang akan dijual. Cari tahu dan lihat produk apa yang sedang banyak dibutuhkan. Sebaiknya hindari memilih produk yang hanya ramai karena tren sesaat. 

Anda juga perlu riset produk lebih spesifik mengenai, kualitas produk, keunggulan, dan spesifikasi lainnya. Langkah ini sangat berguna untuk menentukan produk yang paling potensial untuk dijual kembali. 

Riset Kompetitor yang Menjual Produk Sejenis

Sudah banyak orang menjual produk yang serupa dengan Anda, baik sebagai produsen, reseller, maupun dropshipper. Oleh karena itu, Anda perlu riset kompetitor yang menawarkan produk sejenis dengan Anda. 

Anda bisa mencari tau mana saja pesaing yang sudah terpercaya dan penjualannya tinggi. Dari kompetitor tersebut, Anda bisa mempelajari mengenai cara promosi, pelayanan, dan sebagainya. Dari hasil analisis tersebut, Anda bisa mencari inovasi atau cara berbeda untuk strategi jualan Anda. 

Pilih Produk Berukuran Kecil dan ringan

Tips selanjutnya yang perlu Anda terapkan saat akan menjadi dropshipper adalah memilih produk berukuran kecil dan ringan. Dengan mengambil produk tersebut, Anda bisa menghemat biaya kirim paket yang terlalu besar. Begitupun ketika Anda menjual produk tersebut, pembeli tidak perlu pusing memikirkan ongkos kirim. 

Pilih Produk yang Penggunaannya Rumit

Sebaiknya Anda memilih produk yang penggunaan atau pemakaiannya rumit. Produk-produk ini biasanya jarang dijual atau dilirik oleh dropshipper lainnya. Dengan minimnya kompetitor, maka Anda punya peluang lebih besar untuk mendapat banyak pembeli. 

Pilih Produk yang Memiliki Komponen Berbeda

Cara cerdas lainnya sebagai dropshipper adalah menjual produk yang komponennya berbeda. Sebaiknya Anda memilih produk yang memiliki komponen pendukung lainnya dan ditawarkan secara terpisah. Masing-masing komponen yang dijual akan berguna untuk mendukung kinerja produk lainnya, sehingga pembeli merasa butuh membelinya. 

Pilih Produk yang Digunakan Berulang 

Salah satu hal membahagiakan bagi dropshipper adalah ketika pembeli melakukan repeat order (RO). Untuk mendapatkan aktivitas pembelian ini, Anda harus memilih produk yang sifatnya akan digunakan kembali. Hindari menjual produk yang hanya digunakan atau dibutuhkan sekali. Pastikan produk yang Anda jual akan digunakan berulang atau dibutuhkan terus. 

Coba Hindari Produk yang Sudah Banyak Dijual

Banyak dropshipper yang menjual produk secara ikut-ikutan. Cobalah untuk mengambil jalan berbeda dengan tidak memilih produk yang sudah banyak dijual. Dengan menjual produk berbeda maka Anda tidak perlu mengkhawatirkan jumlah kompetitif, sehingga peluang penjualannya pun lebih besar. 

Demikianlah beberapa tips memilih produk untuk dropship agar mendapat penjualan tinggi. Pemilihan produk adalah hal yang sangat krusial dalam bisnis dropship karena menentukan kesuksesan penjualan. Jangan lupa untuk mengambil produk dari produsen atau supplier terpercaya.  

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.