Pembangunan Konstruksi LRT Velodrome-Manggarai, Jakpro Pastikan Tak Ada Penutupan Jalan
Menhub Budi Karya Sumadi melakukan groundbreaking pembangunan LRT Jakarta fase 1B dengan rute Stasiun Velodrome hingga Stasiun Manggarai.(Diah Ayu/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Direktur Utama PT Jakarta Propertindo (Jakpro) Iwan Takwin menegaskan tak ada penutupan jalan selama pembangunan LRT Jakarta fase 1B rute Velodrome-Manggarai.

Iwan menyebut, Jakpro sebagai BUMD yang ditugaskan membangun LRT Jakarta juga telah meminta kontraktor pelaksana pembangunan untuk tidak menutup jalan agar tak mengganggu kegiatan masyarakat.

"Tidak (menutup jalan), hanya penyempitan jalur saja. Makanya, metode kerja kontraktor kita tantang bagaimana mereka bisa mengakali itu," kata Iwan kepada wartawan, dikutip pada Selasa, 31 Oktober.

Iwan menyebut Pemprov DKI berupaya melakukan akselerasi dalam kelanjutan pengerjaan LRT Jakarta. Hal ini merupakan evaluasi dari pembangunan LRT Jakarta Fase 1 dengan rute Kelapa Gading-Velodrome.

"Kontraktor harus kita challenge metode kerjanya. Apalagi di sini ada busway, Transportasi publik yang lain. Jadi, jangan terlalu lama," tuturnya.

Konstruksi LRT Jakarta fase 1B mulai dilakukan pada Senin, 30 Oktober. LRT Jakarta fase ini memiliki bentang jalur sepanjang 4,6 kilometer yang memiliki 5 stasiun yaitu Stasiun Pemuda Rawamangun, Stasiun Pramuka BPKP, Stasiun Pasar Pramuka stasiun Stasiun Matraman, dan Stasiun Manggarai.

Pembangunan LRT Jakarta Fase 1B seluruhnya akan selesai selama tiga tahun hingga 2026. Pada tahun 2024, ditargetkan LRT sudah beroperasi sampai Stasiun Pramuka.

Konstruksi menelan biaya Rp5,5 triliun, yang mencakup biaya konstruksi Rp4,6 triliun. Adapun sumber pendanaannya berasal dari APBD DKI secara multiyears.

"Ada macam-macam, biaya konstruksi, konsultan, dan lain-lain, jadi totalnya Rp5,5 triliun," ungkap Iwan.

Sejauh ini, sebanyak 6 stasiun LRT telah beroperasi dengan panjang 5,2 kilometer pada fase 1, yakni Pegangsaan dua, Stasiun Boulevard Utara, Stasiun Boulevard Selatan, Stasiun Pulomas, Stasiun Equestrian, dan Stasiun Velodrome.

Sehingga, jika fase 1B telah terbangun, LRT Jakarta memiliki panjang rute 12,2 kilometer dengan 11 stasiun mulai dari Stasiun Pegangsaan Dua hingga Stasiun Manggarai. Diperkirakan, perjalanan dari Pegangsaan Dua hingga Manggarai dapat ditempuh selama 26 menit.

Terkait