Konstruksi LRT Velodrome-Manggarai Dimulai Bulan Depan
Ilustrasi Kereta ringan atau Light Rail Transit (LRT) (ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Ketua Komisi B DPRD DKI Jakarta Ismail menyebut proses konstruksi pembangunan LRT Jakarta fase 1B dengan trase Velodrome-Manggarai bakal dimulai bulan depan. Terakhir, perencanaan proyek pembangunan LRT fase 1B sudah masuk tahap lelang mencari kontraktor.

"Kalau berdasarkan data yang disampaikan LRT, sekarang tahapnya kan tahap bidding, main kontrak. Kalau lancar, katanya Juli ini sudah bisa penancapan konstruksi di sebagian ruas," kata Ismail kepada wartawan, Jumat, 9 Juni.

Ismail memandang, pekerjaan pembangunan LRT rute Velodrome-Manggarai akan selesai sesuai target, yakni pada tahun depan.

Mengingat, Pemprov DKI telah mengajukan nilai alokasi penyertaan modal daerah (PMD) dari APBD kepada PT Jakarta Propertindo (Jakpro) selaku induk perusahaan, yakni Rp1,5 triliun dalam perubahan APBD tahun anggaran 2023 dan Rp3,05 triliun dalam APBD 2024.

Sementara, PMD untuk pembangunan LRT Jakarta Velodrome-Manggarai yang telah dikucurkan sebelumnya sebesar Rp916 miliar dari alokasi APBD tahun 2023.

"Kalau melihat pengajuan PMD-nya sepertinya mereka punya target optimis 2024 dituntaskan dengan tiga tahapan PMD," ujar Ismail.

Ismail memberi catatan agar BUMD tersebut mempersiapkan beragam antisipasi agar penumpukan penumpang tidak terjadi di Stasiun Manggarai, jika nantinya LRT fase 1B beroperasi.

Ismail meminta agar operasional LRT fase 1B tidak menambah kepadatan lalu lintas dan pergerakan penumpang di Stasiun Manggarai.

"Di titik pengujung Manggarai nanti akan beririsan dengan moda transportasi lain, ada Transjakarta, ada komuter line. Yang kita wanti-wanti, pastikan dari segi lahan memadai. Jangan sampai ketika timbul keramaian yang tinggi jadi tidak bisa tertampung karena tidak diprediksi di awal," jelasnya.

Direncanakan, LRT Jakarta fase 1B memiliki 5 stasiun dengan panjang 6,4 kilometer, yakni Stasiun Pemuda, Stasiun BPKP, Stasiun Pasar Pramuka, Stasiun Matraman, dan Stasiun Manggarai.

Sejauh ini, sebanyak 6 stasiun LRT telah beroperasi dengan panjang 5,2 kilometer pada fase 1. Sehingga, jika fase 1B telah terbangun, LRT Jakarta memiliki panjang rute 12,2 kilometer dengan 11 stasiun mulai dari Stasiun Pegangsaan Dua hingga Stasiun Manggarai.

Saat beroperasi penuh, LRT Jakarta ditargetkan membawa 185 ribu penumpang per hari. Namun, berdasarkan hasil kajian studi kelayakan atau feasibility study, perkiraan penumpang LRT Jakarta sekitar 80 ribu hingga 100 ribu orang per hari.