Bagikan:

JAKARTA - Pelatih Timnas Indonesia U-17, Bima Sakti, bakal mengerucutkan jumlah pemainnya jelang Piala Dunia U-17 2023. Bima Sakti akan merampingkan skuadnya menjadi 21 nama dari 26 pemain yang tersedia saat ini.

"Saat ini jumlah pemain yang ada di dalam tim sebanyak 26 orang dan itu nanti dikurangi," kata Bima Sakti seusai memimpin latihan di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta, Senin, 30 Oktober.

Pengumuman nama pemain yang bakal terpilih menjadi kewenangan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia. Bima Sakti tak bisa membeberkan kapan pengumuman itu akan dilakukan.

"Nanti itu PSSI yang merilis 21 pemain yg akan kami bawa ke Piala Dunia U-17 2023," lanjut Bima Sakti.

Dari 21 nama yang akan diumumkan nanti, akan ada dua nama pemain diaspora yang dipastikan ikut. Mereka akan membantu tim merah Putih menjalani pertandingan yang dihelat mulai 10 November sampai 2 Desember mendatang.

Sebelum proses pengerucutan pemain diumumkan, saat ini 26 nama yang tergabung masih terus melakukan adaptasi setelah menjalani pemusatan latihan di Jerman.

Bima mengatakan kondisi cuaca dingin di Jerman menjadi kendala yang mesti dihadapi, sedangkan saat berada di Indonesia cuca justru begitu panas. Keadaan ini mesti dilalui anak asuhnya dengan beradaptasi apalagi nanti pertandingan akan digelar di Surabaya.

"Di sini kondisi panas dan nanti kami akan berangkat ke Surabaya agar anak-anak bisa adaptasi lagi di sana," kata sang pelatih.

Terkait performa pemain, Bima menilai sudah banyak terjadi perubahan seusai menjalani beberapa pertandingan dengan tim muda di Jerman dan uji coba dengan Barcelona (Spanyol) dan Kashima Antlers (Jepang) pada bulan Agustus 2023 lalu.

Di Piala Dunia U-17 2023, Indonesia tergabung dalam Grup A bersama Ekuador, Maroko, dan Panama. Laga pertama akan dihadapi dengan melawan Ekuador pada 10 November.