Stick Cone Jalur Sepeda Bukan Dilepas Permanen, Tapi Diganti Baru karena Rusak Ditabrak Mobil
Jalur sepeda/ Foto: IST

Bagikan:

JAKARTA - Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta mengatakan sudah ada ribuan stick cone jalur sepeda di sejumlah ruas jalan di Jakarta mengalami kerusakan akibat ditabrak kendaraan.

Atas kerusakan tersebut, beberapa jalur sepeda yang menggunakan pembatas stick cone rusak diganti menggunakan paku marka jalan.

"Seluruh wilayah di DKI sudah ribuan stick cone rusak. Kerusakan stick cone akibat ditabrak mobil. Salah satunya di Jalan Tentara Pelajar, nanti saya cek ada berapa yang rusak," kata Kepala Seksi Rekayasa Lalu Lintas Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta, Hendry Sampurna kepada VOI, Selasa, 17 Oktober.

Hendry menyebutkan, semua segmentasi stick cone pembatas jalur sepeda yang alami kerusakan harus dilakukan pencabutan agar tidak membahayakan para pesepeda.

"Semua segmentasi (titik pembatas stick cone jalur sepeda yang rusak) perlu kita lakukan pencabutan agar tidak membahayakan pesepeda. Bukannya kita menghilangkan, karena (stick cone rusak alibat) ditabrak," ujarnya.

Hendry mengatakan, pihaknya ke depan masih melakukan perbaikan terhadap pembatas jalur pesepeda yang rusak akibat ditabrak kendaraan.

"Nanti ada beberapa lagi kita perbaiki kembali, untuk memprioritaskan kepada pesepeda. Kita siapkan untuk memasang paku marka jalan sebagai warning bagi kendaraan bermotor bahwa itu lajur sepeda," katanya.

Sebelumnya, sebuah tayangan video pencabutan stick cone jalur sepeda di Jalan Tentara Pelajar, Jakarta, viral di media sosial instagram. Unggahan video tersebut mendapat respon negatif dan komentar miring dari sejumlah warganet.