Bagikan:

SEMARANG - Kapolrestabes Semarang, Kombes Irwan Anwar mengaku sempat menemani mantan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo untuk bertemu Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri. Pertemuan itu disebut berlangsung pada 2021

"Pernah ada di tahun 2021 kira-kira di Bulan Februari itu kira-kira saya diminta menemani Pak SYL untuk menemui Pak Firli," ujar Irwan kepada wartawan, Selasa, 10 Oktober.

Kala itu, pertemuan dua pejabat negara tersebut membahas seputar perjanjian kerja sama pencegahan korupsi di Kementerian Pertanian. Hanya saja, mengenai detail pembicaraan, Irwan mengklaim tak mengetahuinya.

"Dalam rangka membangun atau membuat mou kerjasama pencegahan tindak pidana korupsi atau pendampingan di Kementan, dalam hal ini pencegahan korupsi itu saja yang saya tahu," ungkapnya.

Disinggung soal dugaan keterlibatan sebagai sosok yang menyerahkan uang dari SYL ke Firli Bahuri, Irwan membantah dengan tegas. Dikatakan, saat mendampingi mantan Mentan itu, tak pernah ada penyerahan apapun.

"Penyerahan uang itu tidak betul, saya tidak pernah merasa," kata Irwan.

Kombes Irwan Anwar sedianya bakal kembali diperiksa terkait kasus dugaan pemerasan yang dilakukan pimpinan KPK terhadap Syahrul Yasin Limpo atau SYL yang kini telah naik ke tahap penyidikan.

Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya Kombes Ade Safri Simanjuntak sejauh ini belum menyampaikan waktu pemeriksaan terhadap Kombes Irwan Anwar.

"Akan diagendakan pemanggilan terhadap yang bersangkutan untuk dimintai keterangan sebagai saksi," kata Ade.