Bagikan:

JAKARTA - Kapolrestabes Semarang, Kombes Irwan Anwar mengungkap alasan di balik kedekatannya dengan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri dan mantan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo atau SYL.

Disebutkan, kedekatannya dengan Firli Bahuri ketika bertugas di Polda Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 2017. Saat itu, Ketua KPK tersebut menjabat sebagai kapolda.

"Pak Firli dulu adalah atasan langsung saya ketika saya menjabat direktur kriminal umum di Polda Nusa Tenggara Barat NTB kira-kira tahun 2017, lalu," ungkapnya.

Sedangkan untuk SYL, Irwan menyebut mantan Mentan itu merupakan pamannya. Sehingga, memiliki hubungan yang cukup dekat.

"Kemudian pak mentan adalah paman saya kebetulan bersaudara dengan mertua perempuan saya," ungkapnya.

Di sisi lain, Irwan juga mengamini menemani SYL untuk bertemu Firli Bahuri. Petemuan itu disebut berlangsung di Jakarta pada 2021

"Pernah ada di tahun 2021 kira-kira di Bulan Februari itu kira-kira saya diminta menemani Pak SYL untuk menemui Pak Firli," sebutnya.

Kala itu, pertemuan dua pejabat negara tersebut membahas seputar perjanjian kerja sama pencegahan korupsi di Kementerian Pertanian.

Hanya saja, mengenai detail pembicaraan, Irwan mengklaim tak mengetahuinya.

"Dalam rangka membangun atau membuat mou kerjasama pencegahan tindak pidana korupsi atau pendampingan di Kementan, dalam hal ini pencegahan korupsi itu saja yang saya tahu," kata Irwan.