Didorong Relawan Jadi Cawapres Prabowo, Begini Jawaban Gibran
Menhan Prabowo Subianto didampingi Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka saat menghadiri acara peringatan Hari Veteran Nasional (Harvetnas), Kamis (10/8/2023). (ANTARA)

Bagikan:

SOLO - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menanggapi dorongan sejumlah kelompok relawan yang mengusulkan dirinya menjadi bakal cawapres mendampingi Prabowo Subianto di Pilpres 2024. Bahkan, Prabowo Subianto mengaku akan membawa usulan nama Gibran sebagai cawapres ke forum Koalisi Indonesia Maju (KIM).

"Ya (saya) enggak gimana-gimana. Silakan ya, aspirasi dari siapa saja kemarin, (Relawan) Alap-Alap (Jokowi), sama Samawi (Solidaritas Ulama Muda Jokowi), silakan ditampung saja," ungkap Gibran saat ditemui awak media di Balai Kota Solo, Senin 9 Oktober.

"Ya terus saya kembalikan ke beliau dong. Relawan ya kami naungi semua suaranya," tandasnya.

Gibran mengaku berkali-kali mendapatkan tawaran secara langsung oleh Prabowo Subianto sebagai cawapresnya. Ia juga telah mengomunikasikan tawaran itu ke PDIP.

"Loh, semua orang kan sudah tahu beliau (Prabowo) sudah minta berkali-kali. Sudah saya laporkan ke pimpinan. Ke Pak Sekjen (Hasto Kristiyanto), ke Mbak Puan (Maharani), dan lain-lain,"

Namun, karena terganjal aturan, Gibran mengungkapkan jawaban yang diberikannya kepada Prabowo adalah terkait usianya yang belum memenuhi persyaratan MK.

"Jawabannya? Umurnya tidak cukup. Wis jelas to," tegasnya.

Saat ditanya langkahnya bila gugatan soal persyaratan umum cawapres dikabulkan oleh MK dan umurnya memenuhi persyaratan, Gibran enggan menjawab langkah politiknya.

"Ya ditunggu aja di MK ya piye (bagaimana)," katanya.

Sebagai informasi, Prabowo Subianto mengaku akan membawa usulan Gibran sebagai cawapres ke forum Koalisi Indonesia Maju. Hal ini diungkapkannya saat menerima Samawi yang mendorong Gibran sebagai cawapresnya di kediamannya, Jalan Kertanegara 4, Jakarta Selatan, Sabtu 7 Oktober malam.