Bagikan:

JAKARTA -Dokter di Negara Bagian Punjab di India utara terkejut, setelah mengeluarkan earphone, gelang, mur dan baut serta peniti di antara 150 benda asing dari perut pasien.

Pria berusia 40 tahun itu dirawat di Rumah Sakit Medicity di Distrik Moga, dengan keluhan sakit perut yang parah dan mual.

Dokter yang kemudian melakukan pemindaian X-ray, terkejut dengan adanya benda logam yang bersarang di dalam perutnya.

"Kami terkejut ketika laporan hasil rontgen datang," kata Dr. Ajmer Kalra, direktur rumah sakit kepada The National News seperti dikutip 5 Oktober.

Pasien itu pun diputuskan untuk menjalani operasi. Dan, beragam benda asing pun berhasil dikeluarkan dari dalam perutnya, seperti earphone, gelang, mur dan baut, kabel, liontin, kancing, pembungkus hingga peniti.

"Ada segumpal benda asing yang kami sebut bahan radiopak. Setelah operasi, kami menemukan 150 barang termasuk gelang, resleting, paku, mur dan baut. Hampir seminggu dia kesakitan," ujar Dr. Kalra.

Sayang, takdir berkata lain. Pria itu meninggal karena sepsis setelah menjalani operasi.

"Dia dipasangi ventilator tetapi kami tidak bisa menyelamatkannya. Dia mengalami distensi perut yang menyebabkan perforasi, dan akhirnya dia mengalami sepsis dan meninggal," ungkapnya.

Kasus ini mengejutkan dunia medis. Dr. Kalra mengatakan, rumah sakit telah didekati oleh para peneliti yang ingin memasukkan studi kasus ini ke dalam jurnal.

Sebelumnya, dokter di wilayah Jalore di Negara Bagian Rajasthan di utara mengeluarkan 56 silet dari perut seorang pria berusia 26 tahun pada Bulan Maret.

Pada September 2022, lebih dari 60 gagang sendok baja dikeluarkan dari perut seorang pria yang mereka yakini kecanduan menelan alat makan.

Dokter yakin pasien tersebut menderita kondisi psikologis yang disebut pica, yang menyebabkan seseorang mengidam dan secara kompulsif memakan makanan yang tidak seharusnya, seperti batu bara, logam, tanah liat, atau tanah.