Bagikan:

JAKARTA - Banjir yang menewaskan ribuan orang di Derna, Libya bulan lalu, merusak reruntuhan Kota Kuno Yunani , di pegunungan terdekat, namun juga mengungkap sisa-sisa arkeologi baru di wilayah tersebut dengan menyapu tanah dan batu.

Badai Daniel mungkin telah menyebabkan curah hujan setinggi satu meter di perbukitan Libya timur, jumlah yang belum pernah terjadi sebelumnya sejak pencatatan dimulai pada pertengahan abad ke-19, kata para ilmuwan.

Banjir menyebabkan lumpur dan puing-puing menumpuk di pemandian era Yunani di Cyrene sehingga memerlukan pembersihan khusus, kata pejabat departemen barang antik setempat Adel Boufjra, melansir Reuters 6 Oktober.

Lebih jauh ia memperingatkan, meskipun kerusakan yang terjadi sejauh ini hanya sedikit, banjir mungkin telah menambah penurunan permukaan tanah yang nantinya dapat merobohkan salah satu monumen tersebut.

"Saya cukup yakin, dan memperkirakan, salah satu bangunan bersejarah ini bisa runtuh karena air bawah tanah yang berlebihan selama musim dingin," jelasnya.

Meskipun hal ini berisiko menimbulkan kerusakan besar pada reruntuhan Kota Kuno Yunani Cyrene, yang dikenal secara lokal sebagai Shehat dan menarik wisatawan sejak abad ke-18, air tersebut juga menyapu bersih sistem drainase Romawi yang sebelumnya tidak dikenal, kata Boufjra.

"Banjir telah mengungkap sebuah situs baru, sebuah kanal air yang saya yakini berasal dari zaman Romawi. Ini adalah penemuan istimewa bagi kota ini," ungkapnya.

Terpisah, ilmuwan di World Weather Attribution, sebuah kelompok penelitian internasional mengatakan, perubahan iklim telah menyebabkan 50 persen lebih banyak hujan selama badai dibandingkan sebelumnya, menggarisbawahi risiko masa depan terhadap warisan budaya.

Diketahui, Cyrene adalah sebuah koloni Yunani dan salah satu kota utama di dunia Hellenic kuno, sebelum menjadi pusat utama di bawah pemerintahan Romawi hingga gempa bumi menghancurkannya pada tahun 365.

Menjadi salah satu dari lima situs Warisan Dunia UNESCO di Libya, bersama dengan reruntuhan Romawi luas yang menghadap ke Mediterania di Sabratha dan Leptis Magna, kuil berpilar batu Cyrene berdiri di lereng bukit subur dekat tebing berbatu.