Jelang Defile Pasukan dan Alutsista HUT TNI di Monas, Dishub DKI Lakukan Rekayasa Lalin Pukul 10.15 WIB 
Penutupan jalan di ruas jalan sekitar Monas/ Foto: Rizky Sulistio/ VOI

Bagikan:

JAKARTA - Kepala Suku Dinas Perhubungan (Kasudinhub) Jakarta Pusat, Wildan Anwar mengatakan, Dishub DKI Jakarta melakukan rekayasa lalu lintas disejumlah ruas titik seiring digelarnya kegiatan Defile pasukan dan Alutsista TNI pada HUT TNI ke-78 pada Kamis, 5 Oktober.

"Rekayasa lalu lintas dilakukan mulai pukul 10.15 WIB sampai pukul 11.15 WIB atau bersifat situasional. Adapun selama pelaksanaan kegiatan ini, Transjakarta tetap dapat melintas," kata Wildan saat dikonfirmasi, Kamis, 5 Oktober.

Wildan juga mengimbau kepada para pengguna Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) yang akan menuju Stasiun Gambir, untuk mengantisipasi kemacetan agar dapat menyesuaikan waktu perjalanannya.

"Diimbau kepada pengguna jalan agar menghindari ruas jalan sekitar Monas dan dapat menyesuaikan pengaturan lalu lintas yang telah ditetapkan. Patuhi rambu lalu lintas, petunjuk petugas di lapangan serta mengutamakan keselamatan di jalan," ucapnya.

Seperti diketahui, sebanyak 4.636 personel akan ikut serta dalam upacara parade dan defile HUT ke-78 TNI. Usai pelaksanaan upacara, ratusan alutsista turut dipamerkan dalam peringatan tersebut.

Di antaranya pengerahan 91 pesawat dari matra darat, laut, dan udara yang akan melintasi langit di atas kawasan Monas, serta 140 alutsista darat yang akan dipamerkan dalam HUT TNI ke-78.

Tak hanya alutsista, TNI juga akan memamerkan rudal-rudal yang didatangkan dari luar negeri. Kemudian, HUT ke-78 TNI juga akan dimeriahkan oleh aksi terjun payung dengan 78 personel dari udara dan mendarat di halaman Monas. Dilakukan juga akrobatik pesawat tempur yang mengelilingi tugu Monas.

Peringatan HUT ke-78 TNI dilanjutkan dengan tari helly diiringi lagu gemu famire dan diikuti Wan TNI dan ibu-ibu sebanyak 300 personel, display drumband Taruna Akademi TNI sejumlah 250 personel, dan ditutup dengan demonstrasi Kolone Senapan Kolosal sebanyak 678 personel.