Antusias Saksikan Atraksi Alutsista di HUT ke-78 TNI, Jokowi Tepuk Tangan hingga Goyang Jempol
Presiden Joko Widodo menghadiri Upacara Peringatan ke-78 Hari Tentara Nasional Indonesia di Monas Jakarta Pusat, Kamis 5 Oktober (tangkapan layar)

Bagikan:

JAKARTA - Peringatan Upacara Peringatan ke-78 Hari Tentara Nasional Indonesia yang digelar pada hari ini di Monumen Nasional (Monas) dimeriahkan dengan kegiatan defile dan atraksi alutsista.

Presiden Joko Widodo turut antusias menyaksikan rangkaian acara tersebut. Didampingi Iriana Joko Widodo yang duduk di sebelahnya, Jokowi bertepuk tangan saat melihat kebolehan pesawat jet tempur hingga helikopter mengudara di sekeliling tugu Monas.

Jokowi juga ikut terhanyut dalam alunan penampilan musik yang ditampilkan oleh para prajurit TNI saat mengiringi atraksi alutsista di udara. Sesekali, Jokowi meragakan goyang jempol dan menggerakkan kepalanya menikmati irama saat lagu 'Koyo Jogja Istimewa' dimainkan.

Dalam Upacara Peringatan ke-78 Hari Tentara Nasional Indonesia, Presiden Joko Widodo bertindak sebagai inspektur upacara.

Mengawali upacara HUT TNI hari ini, Jokowi melakukan pemeriksaan pasukan dengan menaiki tank amfibi melintasi prajurit TNI sebagai peserta upacara. Dalam pemeriksaan pasukan ini, Jokowi didampingi oleh Panglima TNI Laksamana Yudo Margono dan komandan upacara yakni Panglima Divisi Infanteri (Pangdivif) 3 Kostrad Mayjen TNI Choirul Anam.

Kehadiran Jokowi didampingi Iriana Joko Widodo. Wakil Presiden Ma'ruf Amin bersama Wuri Ma'ruf Amin, serta menteri Kabinet Indonesia Maju serta pimpinan badan/lembaga negara juga hadir dalam peringatan HUT TNI tersebut.

Presiden dan Wakil Presiden terdahulu juga turut menghadiri peringatan HUT TNI. Di antaranya adalah Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri, Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono, Wakil Presiden ke-7 RI Try Sutrisno, Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 RI Jusuf Kalla, dan Wakil Presiden ke-11 Boediono.

Sebanyak 4.636 personel ikut serta dalam upacara parade dan defile HUT ke-78 TNI. Usai pelaksanaan upacara, HUT TNI dimeriahkan oleh aksi terjun payung dengan 78 personel dari udara dan mendarat di halaman Monas. Dilakukan juga akrobatik pesawat tempur yang mengelilingi tugu Monas.

Ratusan alutsista turut dipamerkan dalam peringatan tersebut. Di antaranya, pengerahan 91 pesawat dari matra darat, laut, dan udara yang akan melintasi langit di atas kawasan Monas, serta 140 alutsista darat yang dipamerkan dalam HUT TNI ke-78. Tak hanya alutsista, TNI juga akan memamerkan rudal-rudal yang didatangkan dari luar negeri.

Peringatan HUT ke-78 TNI dilanjutkan dengan tari helly diiringi lagu gemu famire dan diikuti Wan TNI dan ibu-ibu sebanyak 300 personel, display drumband Taruna Akademi TNI sejumlah 250 personel, dan ditutup dengan demonstrasi Kolone Senapan Kolosal sebanyak 678 personel.