Diisukan Jadi Cawapres Ganjar, Mahfud MD Dapat Tepuk Tangan Kader di Rakernas IV PDIP
Presiden Jokowi bersama elit PDIP termasuk n=bakal capres Ganjar Pranowo menuju Rakernas ke-IV PDIP di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Jumat, 29 September. (dok VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD hadir dalam acara pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ke-IV PDIP di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Jumat, 29 September. Kehadirannya sempat mendapat tepuk tangan para kader yang hadir.

Dari pantauan di lokasi, Mahfud mendapat sambutan ketika wajahnya disorot kamera dan ditampilkan dalam layar di lokasi acara.

Adapun dalam kegiatan ini, Presiden Joko Widodo tiba di arena Rakernas IV PDIP dengan disambut putra Megawati yang juga Ketua DPP PDIP M. Prananda Prabowo, Menseskab Pramono Anung, dan Bendahara Umum PDIP Olly Dondokambey.

Sebelum Jokowi tiba, Wakil Presiden Maruf Amin tiba lebih dulu. Setibanya Jokowi, Megawati mengajak Jokowi, Wapres Maruf dan Ganjar menuju ruang pameran pangan.

Kehadiran rombongan ini membuat heboh karena penjaga stan tak tahan untuk tidak memanggil nama Megawati, Ganjar dan Jokowi. Mereka melihat sejumlah booth dan sempat berbincang dengan penjaga stand seperti ternak ayam dan BRIN.

Dalam kegiatan ini hadir juga sejumlah undangan. Di antaranya para ketua umum partai pendukung Ganjar Pranowo di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 seperti Plt Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Mardiono, Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang (OSO), dan Ketua Umum Partai Perindo Harry Tanoesoedibjo.

Kemudian hadir juga jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju selain Mahfud. Mereka adalah Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna Hamonganan Laoly, Menteri Sosial Tri Rismaharini, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Gusti Ayu Bintang Darmavati, Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Sakti Wahyu Trenggono, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) Hadi Tjahjanto.

Diberitakan sebelumnya, Ganjar sudah angkat bicara soal peluang Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Menko Polhukam Mahfud MD sebagai calon pendamping di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Katanya, dua nama yang santer diisukan belakangan itu memang menguat.

"Ya semua isunya menguat karena kita mau bahas pangan," kata Ganjar kepada wartawan di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Jumat, 29 Oktober.

Meski begitu, Ganjar menghindar saat ditanya soal nama Khofifah yang sudah berada di kantong Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Ia hanya menyebut sedang fokus dengan pelaksanaan Rakernas IV PDIP.

Adapun tema Rakernas IV PDIP adalah 'Kedaulatan Pangan untuk Kesejahteraan Rakyat Indonesia' dengan sub tema 'Pangan Sebagai Lambang Supremasi Kepemimpinan Indonesia Bagi Dunia'. Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari sejak Jumat, 29 September hingga Minggu, 1 Oktober.

"Ini Rakernasnya pangan," tegasnya.