Bagikan:

JAKARTA - Calon wakil presiden (cawapres) Ganjar Pranowo, Mahfud MD terlihat menggunakan kemeja putih saat berada di Tugu Proklamasi ketika akan mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada hari ini, Kamis, 19 Oktober.

Dari pantauan di lapangan, Ganjar hari ini tampak menggunakan kemeja lengan panjang warna hitam. Sementara Mahfud memakai kemeja berkelir putih lengan panjang.

Mahfud kemudian menyebut kemeja putih inilah yang jadi saksi bisu batalnya dia menjadi cawapres Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang maju kedua kalinya di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.

Saat itu, pada menit terakhir ia digantikan oleh Ma'ruf Amin karena ada dinamika politik yang terjadi di tengah partai pendukung.

“Hari ini saya memakai baju putih yang lima tahun lalu saya siapkan untuk mendaftar ke KPU,” kata Mahfud di atas panggung yang ada di Tugu Proklamasi.

“Ini dulu tidak jadi dipakai meskipun sudah jadi,” sambungnya.

Meski begitu, Mahfud mengaku tak kecil hati dengan peristiwa tersebut. Buktinya, kemeja itu kini dipakainya untuk mendaftar sebagai cawapres Ganjar.

“Ternyara ada pesan Tuhan, ditunda dulu, kemudian dipakai ke KPU dan hari ini dipakai,” ujarnya yang disambut tepuk tangan massa di lokasi.

Diberitakan sebelumnya, Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri secara resmi mengumumkan Mahfud MD sebagai pendamping Ganjar di Pilpres 2024. Keputusan ini diambil setelah kontemplasi dilakukan dan berdialog dengan para ketua umum serta tokoh lain.

Adapun dalam pengumuman cawapres ini seluruh ketua umum partai pengusung Ganjar hadir seperti Plt Ketua Umum PPP Muhammad Mardiono, Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang, Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo, dan Ketua Tim Pemenangan Nasional Ganjar Presiden (TPN GP) Arsjad Rasyid.

Kemudian hadir juga petinggi PDIP seperti Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, Bendahara Umum PDIP Olly Dondokambey, Ketua DPP PDIP yang juga anak Megawati, Prananda Prabowo dan Puan Maharani serta kader lainnya.