Anggota KKB Egianus Kogoya Terlibat Rentetan Teror Ditangkap Satgas Damai Cartenz
Satgas Damai Cartenz menangkap pria berinisial E.T alias L.D alias Altau (27), anggota KKB anak buah Egianus Kogoya. (Antara)

Bagikan:

PAPUA - Satgas Damai Cartenz menangkap pria berinisial E.T alias L.D alias Altau (27), anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) anak buah Egianus Kogoya.

"E.T alias L.D alias Altau (27) ditangkap di sekitar RSUD Nabire, Kabupaten Nabire, Provinsi Papua Tengah, kata Kepala Satgas Damai Cartenz Kombes Pol Faizal Rahmadani dihubungi Kamis 21 September, disitat Antara.

Dia menjelaskan, dari data yang diperolehnya Altau terlibat dalam rentetan aksi teror baik terhadap warga maupun aparat.

Adapun di antaranya yang bersangkutan terlibat dalam penyerangan terhadap anggota TNI di Kindibam dan berhasil merampas pucuk senjata api laras panjang milik TNI pada 17 Maret 2019, selanjutnya penyerangan terhadap masyarakat sipil di Kampung Nogolaid dan Kampung Yosoma Kenyam yang mengakibatkan 11 masyarakat meninggal dan dua luka-luka pada 16 Juli 2022.

Tak hanya itu, Altau juga terlibat kontak tembak dengan aparat keamanan di kampung Nogolaid Distrik Kenyam pada 19 Juli 2022, penghadangan masyarakat dan merampas HP di jalan Poros Kenyam–Batas Batu, Distrik Kerepkuri pada 25 Juli 2022, terlibat dalam pembakaran alat berat milik PT Tunas Jaya Irian yang mengakibatkan empat alat berat rusak pada 4 Agustus 2022, terlibat penembakan/penyerangan terhadap Pos Kotis Brimob Satgas Damai Cartenz di Koteka pada 6 Januari 2023.

Kepala Satgas Humas Damai Cartenz AKBP Bayu menambahkan, pihaknya akan terus melakukan upaya pengembangan dan penegakan hukum terhadap kelompok KKB.

"Kami akan terus melakukan upaya pengejaran, penangkapan dan penegakan hukum terhadap KKB demi terjaga-nya situasi kamtibmas yang kondusif di Papua," tandasnya.