Tim Satgas Damai Cartenz Cek Keaslian Video Pilot Susi Air yang Mengaku Bakal Dibebaskan Asalkan Papua Merdeka
Pilot Susi Air Philip Mark Mahrtens bersama KKB yang menyanderanya. (ANTARA/HO/Dokumen Pribadi)

Bagikan:

JAYAPURA - Tim Satgas Damai Cartenz masih mengidentifikasi keaslian video yang berisi penyataan pilot berkebangsaan Selandia Baru yang disandera KKB pimpinan Egianus Kogoya.

Komandan Satgas Damai Cartenz Kombes Faizal Rahmadani menerangkan identifikasi dilakukan untuk mengetahui apakah video dan foto-foto yang beredar itu baru atau lama.

Tim juga masih terus melakukan pencarian terhadap lokasi dimana KKB menahan sandera yang berprofesi sebagai pilot Susi Air.

Pilot Philip Mark Mahrtens disandera sejak tanggal 7 Februari lalu sesaat setelah mendaratkan pesawatnya di lapangan terbang Paro, Kabupaten Nduga, Provinsi Papua Pegunungan.

KKB pimpinan Egianus Kogoya juga membakar pesawat Pilatus milik Susi Air.

Faizal yang juga menjabat sebagai Dikrimum Polda Papua mengaku, pihaknya sudah memperluas pencarian tidak saja di wilayah Kabupaten Nduga tetapi sudah sampai ke Kabupaten Lanny Jaya.

Namun sejauh ini belum ada tanda-tanda keberadaan pilot Philip sehingga diduga Egianus Kogoya dan kelompoknya menyembunyikan sanderanya dengan berpindah-pindah, jelas Kombes Faizal.

Dalam video yang tersebar di media sosial, pilot Philips menyatakan dirinya akan dibebaskan bila bangsa Indonesia memberikan kemerdekaan kepada bangsa Papua Barat, dan meminta PBB untuk memediasi Indonesia dan Papua agar segera membebaskan dirinya.

Video yang berdurasi kurang dari satu menit nampak pilot Philip mengenakan jaket berwarna biru didampingi Egianus Kogoya dan anggota KKB lainnya yang membawa senjata laras panjang dan pendek serta senjata tradisional.