PDIP Tak Berencana Panggil Jokowi Gara-gara Isu Kaesang Gabung PSI
Ketua DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat. (Tsa Tsia-VOI)

Bagikan:

JAKARTA - PDI Perjuangan (PDIP) disebut tak akan memanggil Presiden Joko Widodo (Jokowi) setelah beredar isu anak bungsunya, Kaesang Pangarep bakal bergabung dengan Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Hal ini disampaikan Ketua DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat menanggapi kabar Kaesang bakal bergabung dengan PSI. Katanya, keputusan itu diambil sendiri karena dia sudah bukan lagi tanggungan orang tuanya.

"Oh enggak, enggak perlu klarifikasi, orang mandiri," kata Djarot kepada wartawan di Kantor DPP PDIP, Menteng, Jakarta Selatan, Kamis, 21 September.

Djarot mengamini ada aturan partai menyebut keluarga inti seperti suami atau istri dan anak tak boleh berbeda partai. Tapi, anak presiden itu punya kebebasan karena sudah memiliki kehidupannya sendiri.

"Tentang keputusan itu ada di tangan yang bersangkutan. Mas Kaesang sudah dewasa, sudah mandiri, sudah berumah tangga, ya kita serahkan," tegasnya.

"Keluarga inti tuh apa? anak, yang menjadi tanggungan kami, belum menikah. ini (Kaseang, red) sudah menikah sudah punya preferensi sendiri, beliau punya keluarga inti sendiri dong," sambung Djarot.

Meski begitu, Djarot mengatakan partainya tetap terbuka jika Kaesang berubah pikiran dan kabar yang beredar tak terjadi.

Tapi, PDIP tak mau memaksa siapapun bergabung. Sebab, mereka yang masuk ke dalam partai berlambang banteng ini punya kewajiban untuk mampu bekerja sama dalam ideologi Pancasila.

"PDIP itu terbuka terutama bagi anak-anak muda silahkan mau masuk. Sangat terbuka apalagi Mas Kaesang monggo silakan ya. Jadi kita tidak pernah menolak," tegasnya.

Sebelumnya, akun X atau Twitter Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mengunggah video suara mirip putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep. Dalam narasinya, pria yang menyebut dirinya sebagai ‘Mawar’ menyatakan akan terjun ke dunia politik.

Meski identitasnya tak dicantumkan, hal ini menimbulkan tanda tanya warganet mengenai kebenaran Kaesang resmi bergabung menjadi kader PSI.

Saat diminta keterangan, Pelaksana Tugas (Plt) Sekjen PSI Isyana Bagoes Oka belum mau mengonfirmasi bahwa Kaesang resmi masuk partai yang dipimpin Giring Ganesha tersebut

"Mohon doanya dulu," ucap Isyana dalam pesan singkat kepada VOI, Rabu, 20 September.