Bagikan:

JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengatakan pengusutan pesawat jet yang digunakan Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep bakal difokuskan melalui pengaduan masyarakat. Prosesnya sudah masuk dalam tahapan telaah.

“Bahwa saat ini fokus penanganan isu terkait gratifikasi saudara K difokuskan di proses penelahaan yang ada di Direktorat Penerimaan Layanan Pengaduan Masyarakat,” kata Juru Bicara KPK Tessa Mahardika kepada wartawan di gedung Merah Putih KPK, Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Kamis, 4 September.

“Jadi saat ini KPK sedang berfokus diproses telaah tersebut, akan ada beberapa tindakan untuk melakukan klarifikasi,” sambung dia.

Tahapan pertama, kata Tessa, bagian pengaduan masyarakat akan menghubungi pelapor untuk meminta keterangan lebih lanjut. “Dan mencari dokumen-dokumen pendukung yang dibutuhkan untuk dinilai apakah ditindaklanjuti ke tahapan berikutnya,” tegas juru bicara berlatar belakang penyidik tersebut.

Adapun saat ini sudah dua laporan masyarakat yang masuk, yakni dari Masyarakat Antikorupsi Indonesia (MAKI) dan dosen Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Ubaidillah Badrun. Keduanya sama-sama melaporkan penggunaan pesawat jet oleh anak bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) tersebut saat plesiran ke Amerika Serikat bersama istrinya, Erina Gudono.

Dalam laporannya, Koordinator Masyarakat Antikorupsi Indonesia (MAKI) Boyamin Saiman menyampaikan sebuah MoU kerja sama antara Pemkot Solo dengan PT Shopee Indonesia Internasional terkait pengembangan UMKM. Ia menduga pesawat jet yang digunakan Kaesang dan istrinya difasilitasi oleh perusahaan tersebut.

Sementara dosen Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Ubaidillah Badrun melaporkan gaya hidup mewah Kaesang bersama istrinya yang menggunakan private jet ke Amerika Serikat.

Diberitakan sebelumnya, Kaesang Pangarep yang merupakan anak bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan istrinya, Erina Gudono jadi sorotan gara-gara naik pesawat jet pribadi ke Amerika Serikat. Menantu Jokowi tersebut juga mengunggah gaya hidup mewah seperti makan roti Rp400 ribu hingga beli stroller bayi seharga puluhan juta saat di AS.