Bagikan:

JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyebut pengusutan penggunaan jet pribadi oleh Kaesang Pangarep dan Bobby Nasution dilakukan secara tertutup.

Sebab, Proses telaah oleh Direktorat Penerimaan Layanan dan Pengaduan Masyarakat (PLPM) bertujuan mencari adanya dugaan perbuatan melawan hukum.

“Jadi tidak bisa dibuka secara transparan kepada teman-teman karena ada hal-hal yang memang sifatnya covered atau tertutup dan ini juga berlanjut (jika, red) sampai dengan (tahapan, red) penyelidikan,” kata Juru Bicara KPK Tessa Mahardika kepada wartawan yang dikutip pada Kamis, 12 September.

Tessa bilang proses ini bukan tanpa sebab harus dilakukan secara tertutup. KPK hanya ingin agar bukti yang mereka dapatkan cukup.

Meski begitu, ia memastikan pengusutan dugaan penggunaan fasilitas jet pribadi oleh keluarga Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu terus dilakukan. “Seandainya memang nanti ada kekurangan data tentunya dari pegawai PLPM atau staf akan menyampaikan kepada pelapor untuk meminta data pendukung maupun tindakan lainnya,” tegas juru bicara berlatar belakang penyidik tersebut.

Diberitakan sebelumnya, KPK sudah menerima dua aduan soal penggunaan jet pribadi oleh Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang juga anak Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep. Mereka yang mengadu adalah Masyarakat Antikorupsi Indonesia (MAKI) dan dosen Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Ubaidillah Badrun.

Dalam laporannya, Koordinator Masyarakat Antikorupsi Indonesia (MAKI) Boyamin Saiman menyampaikan sebuah MoU kerja sama antara Pemkot Solo dengan PT Shopee Indonesia Internasional terkait pengembangan UMKM. Ia menduga pesawat jet yang digunakan Kaesang dan istrinya, Erina Gudono difasilitasi oleh perusahaan tersebut.

Sementara dosen Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Ubaidillah Badrun melaporkan gaya hidup mewah Kaesang bersama istrinya yang menggunakan private jet ke Amerika Serikat.

Sedangkan untuk Bobby Nasution, KPK menutup rapat soal pelaporan yang masuk. Tapi, Wali Kota Medan ini juga diduga menggunakan jet pribadi setelah fotonya tersebar di media sosial X.