Bagikan:

JAKARTA - Mantan politisi Demokrat Roy Suryo memuji keteladanan Paus Fransiskus yang menggunakan pesawat biasa, Airbus A330-900 Air Italia dalam lawatan apostoliknya ke Indonesia bulan ini. 

Dalam pujian tersebut, Roy Suryo sempat-sempatnya menyindir putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep dan istrinya Erina yang justru menggunakan private jet.

"Selamat datang Paus Fransiskus di Indonesia, sebagai sesama Ummat beragama kita kedepankan Toleransi & Silaturahmi, semoga Harmoni di Indonesia. Secara khusus saya memuji keteladanan beliau karena selain hanya menggunakan Mobil biasa (Toyota Innova), bukan mobil khusus spt Mercedes G460 Short-version, kehadirannya juga menggunakan Pesawat biasa juga, Airbus A330-900 Air Italia, alias bukan Private Jet seperti KP (Kaesang) & EG (Erina) yg menaiki Gulfstream G650ER," kata Roy Suryo dalam pesan elektronik yang diterima VOI, Jakarta, Selasa, 3 September. 

Roy juga meminta KPK berani untuk mengusut tuntas kasus-kasus jet pribadi.

"Senada dgn MAKI & TPDI, Ayo KPK harus berani usut tuntas Kasus2 Jet Pribadi yg sangat TERWELU tsb," kata Roy.

Kaesang sebelumnya disorot karena menggunakan jet pribadi jenis Gulfstream G650ER dengan nomor penerbangan N588SE saat pergi ke Amerika Serikat. Publik bertanya-tanya fasilitas mewah yang digunakan Kaesang dan erina. 

Usai penggunaan fasilitas mewah ini, Kaesang diadukan ke KPK atas dugaan gratifikasi.

Wakil Ketua KPK Alexander Marwata mengatakan surat undangan untuk klarifikasi segera dikirimkan.

Klarifikasi dilakukan untuk mengetahui apakah fasilitas yang digunakan ada kaitannya dengan penyelenggara negara.