PDIP Nilai Demokrat Merapat Dukung Prabowo Tunjukkan Demokrasi Dibangun Baik di Era Jokowi
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto [tengah]. (Tsa Tsia-VOI)

Bagikan:

JAKARTA - PDI Perjuangan (PDIP) menilai bergabungnya Partai Demokrat dengan Koalisi Indonesia Maju (KIM) mendukung Prabowo Subianto menunjukkan demokrasi dibangun dengan baik selama masa Pemerintahan Presiden Jokowi.

"PDIP menghormati keputusan dari Demokrat. Ini menunjukkan bagaimana alam demokrasi itu dibangun dengan baik selama Pemerintahan Presiden Jokowi," kata ekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PDIP Hasto Kristiyanto di Markas PDIP, Jakarta, Selasa 19 September, disitat Antara.

Hasto mengatakan PDIP akan tetap menjalin komunikasi dengan Partai Demokrat. Menurutnya, komunikasi politik adalah hal yang melekat bagi partai dan pengambilan kebijakan memerlukan kerja sama antarpartai.

"Meskipun setiap partai memiliki referensi terkait dengan calon presiden, kami tetap melakukan komunikasi politik untuk membangun masa depan bangsa dan negara yang lebih baik, lebih maju, lebih berdaulat, dan berkeadilan," katanya.

Dia mengatakan PDIP intens berkomunikasi dengan Partai Demokrat sebelum partai tersebut memilih untuk bergabung dengan KIM. Hasto menepis anggapan bahwa kedua partai mengalami kebuntuan saat berkomunikasi.

"Tidak pernah ada 'deadlock' (kebuntuan) karena politik ini selalu ada ruang titik temu, selalu ada ruang kerja sama meskipun capresnya berbeda," kata dia.

Di sisi lain, Hasto mengisyaratkan bahwa narasi "perubahan" yang diusung Partai Demokrat menjadi faktor ketidakcocokan sehingga kerja sama untuk memperkuat koalisi di antara kedua pihak tidak terjalin.

"Perubahan kan dimaknakan antitesa (antitesis, red.) Pak Jokowi," ucapnya.

Sebelumnya, Partai Demokrat menyampaikan dukungannya secara resmi kepada bakal calon presiden dari KIM Prabowo Subianto untuk maju sebagai bakal capres pada Pilpres 2024.

Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) didampingi Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), menyampaikan dukungan itu secara langsung kepada Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di Hambalang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu 17 September.

Deklarasi resmi Partai Demokrat mendukung Prabowo akan disampaikan secara langsung oleh AHY di hadapan para kader saat Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Partai Demokrat pada Kamis 21 September.