Polri Kirim 140 Personel Jalani Misi Perdamaian Dunia di Afrika Tengah
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. (Rizky A-VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melepas 140 personel Polri yang tergabung dalam kontingen Garuda Satgas FPU 5 Minuska. Pasukan ini akan menjalankan misi perdamaian Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di Afrika Tengah.

"Polri kembali mengirimkan Kontingen Garuda Satgas FPU 5 Minuska dalam misi pemerliharaan perdamaian PBB di Bangui, Afrika Tengah yang diikuti 140 dengan rincian 116 polki (polisi laki-laki) dan 24 polwan (polisi wanita)," ujar Sigit dalam upacara pelepasan di Lapangan Bhayangkara, Mabes Polri, Senin, 19 September.

Ratusan personel yang akan diberangkatkan sebelumnya mesti menjalani pelatihan khusus sesuai dengan standar PBB. Tujuannya, dapat menjalankan tugas dengan baik.

"Kontingen ini beranggotakan personel-personel tangguh yang sudah melalui proses seleksi dan asesmen serta dibekali dengan pelatihan prapenugasan sesuai standar PPB selama 7 bulan," sebutnya.

Selain itu, dalam amanatnya, Sigit juga menyampaikan agar ratusan personel itu menjalankan misi perdamaian dengan baik. Sebab, nama baik dan kepercayaan dunia terhadap Indonesia menjadi taruhannya.

"Untuk itu keberhasilan misi menjadi harga mati yang harus diperjuangkan, melalui misi ini rekan-rekan diharapkan berkontribusi terhadap stabilitas keamanan dan penyelesaian konflik di tempat penugasan serta juga meningkatkan international trust terhadap Indonesia," ungkapnya.

Tak lupa, mantan Kabareskrim ini berpesan agar ratusan personel ini menjaga soliditas dengan seluruh pihak terkait. Sehingga, semua tugas yang nantinya diberikan berjalan lancar.

"Jaga terus kekompakan dan soliditas internal kontingen Garuda Satgas FPU 5 Minuska dan sinergi dengan kontingen negara lainnya, pemerintah, kepolisian setempat, serta organisasi internasional sehingga dapat menudukung pelaksanaan tugas," kata Sigit.