Personel Polri Raih Penghargaan dari PBB di Tengah Sorotan Tajam Publik ke Kepolisian karena Kasus Ferdy Sambo
Briptu Selly Gabriella, salah satu anggota Polri yang menerima penghargaan PBB. (Foto: Instagram @humaspolrestabna)

Bagikan:

JAKARTA - Sorotan tajam tertuju kepada penanganan kasus pembunuhan Brigadir Yoshua yang melibatkan Irjen Ferdy Sambo. Nama baik kepolisian kini tengah dipertaruhkan.

Di tengah polemik kasus besar tersebut, ada anggota Polri yang justru mampu mengharumkan nama Korps Bhayangkara, bahkan di dunia internasional. 

Sejumlah personel Polri menerima penghargaan dari PBB atas tugas misi kemanusiaan di Bangui, Republik Afrika Tengah. Satu personel yang mendapat penghargaan itu adalah anggota Polda Aceh yang bertugas di Polresta Banda Aceh, Briptu Selly Gabriella.

Hal ini diungkapkan Kapolresta Banda Aceh, Kombes Joko Krisdiyanto, pada Sabtu, 13 Agustus 2022. "PBB memberikan penghargaan kepada semua personel Polri, salah satunya dari Polresta Banda Aceh bernama Briptu Selly Gabriella," kata Joko, seperti dilansir Antara.

Briptu Selly menjadi polisi perdamaian Indonesia setelah tergabung dalam kontingen Satgas Garuda Bhayangkara (Garbha) FPU 3 Minusca sejak September 2021.

Selly masuk dalam pasukan taktis yang kesehariannya melaksanakan patroli, menjaga masyarakat sipil, mengamankan aset PBB, serta mengamankan wilayah Republik Afrika Tengah .

Tidak hanya itu, pasukan FPU 3 Minusca juga turut memberikan perlindungan kepada warga yang berada di sektor dari ancaman bahaya yang tinggi.

Selama bertugas di Bangui Afrika Tengah, mereka mengamankan fasilitas vital milik PBB, mengamankan pelaksanaan tugas police advisors, melindungi warga sipil, serta mengamankan distribusi bantuan kemanusian.

"Kami sangat bangga karena memiliki personel terbaik dari Polresta Banda Aceh yang bertugas ke luar negeri dalam misi perdamaian PBB," ujarnya.

Joko berharap semoga ke depannya ada lagi personel lainnya dari Polresta Banda Aceh yang melanjutkan misi seperti Briptu Selly.

Untuk diketahui, Indonesia mendapatkan penghargaan internasional PBB, UN Medal. Penghargaan tertinggi dari PBB ini disematkan langsung Deputy SRSG (Special Representative of Secretary General) Lizbeth Cullity.

Penghargaan tersebut berkat hasil kerja keras Polri pada misi kemanusiaan dan menjalankan tugas dengan intensitas tinggi di Afrika Tengah.

Berikutnya adalah penghargaan UN Peacekeeping. Medali itu sendiri merupakan suatu kehormatan tertinggi dari PBB atas pengabdian sebagai pasukan perdamaian dunia.

Oleh karena itu, PBB mengucapkan terima kasih kepada personel Polri yang sudah bertugas selama 12 bulan dalam misi perdamaian tersebut.

Terkait