PKL Tanah Abang Korban Penertiban Satpol PP Akui Razia Tidak Sering, Padahal Dagangnya Setiap Hari
Satpol PP tertibkan pedagang kaki lima di kawasan Pasar Tanah Abang Jakpus/ Foto: Rizky Sulistio/ VOI

Bagikan:

JAKARTA - Ratusan petugas gabungan kembali tertibkan sejumlah pedagang kaki lima (PKL) di sejumlah titik kawasan Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat pada Kamis, 14 September, siang. Petugas melakukan penertiban secara persuasif.

"Saya tanya, kalian mau kosongin gak? Kalau tidak mau kosongin, saya kosongin. Tembok kosongin, saya minta tolong tembok kosongin. Ikuti aturan," kata anggota Satpol PP Jakarta Pusat kepada pedagang di lokasi saat penertiban berlangsung, Kamis, 14 September.

Para PKL yang ditertibkan memang terlihat berjualan di atas trotoar dan menutupi jalur disabilitas di sepanjang Jatibaru, Tanah Abang. Dan secara jelas itu melanggar peraturan, tidak sesuai peruntukan.

"Gimana orang mau lewat, bapak sudah memakai badan trotoar semua. Mundur-mundur semua. Rak dagang menutup jalan tunanetra lagi," ucapnya kepada para pedagang kaki lima (PKL) yang ditertibkan.

Sementara menurut salah satu pedagang kaki lima (PKL) yang ditertibkan, penertiban ini tidak berlangsung secara rutin.

"Sekali-sekali tidak sering, cuma yang sering patroli aja. Alhamdulillah tidak ada yang dibawa. Saya jualan di belakang garis kuning," ucapnya.