Sudah 5 Hari Berlangsung dan Semakin Meluas, KLHK Ungkap Masalah Akses dan Medan Terjal Persulit Pemadaman di Gunung Bromo
Ilustrasi-Api membakar hutan dan lahan (karhutla) kawasan Gunung Bromo terlihat di Pos Jemplang, Malang, Jawa Timur/DOK ANTARA

Bagikan:

JAKARTA - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mengungkap penyebab sulitnya pemadaman kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Gunung Bromo yang dipicu api suar saat sesi foto pra-nikah. Kebakaran sudah berlangsung selama lima hari dan semakin meluas.

"Akses ke lokasi kebakaran sulit, berbukit, dan terjal," kata Direktur Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan KLHK Thomas Nifinluri saat dihubungi di Jakarta, dilansir dari Antara, Senin, 11 September.

Thomas menuturkan medan yang berat itu membuat gerakan tim pemadam kebakaran menjadi terbatas, ditambah angin bertiup kencang turut memicu api terus menyala membakar hutan dan lahan di Gunung Bromo, Jawa Timur.

Bahkan Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) terpaksa harus menutup seluruh akses menuju kawasan wisata Gunung Bromo untuk memudahkan operasi pemadaman.

Penutupan kawasan wisata Bromo tertuang dalam Surat Pengumuman Nomor: PG.09/T.8/BIDTEK/9/2023 tentang Penutupan Kawasan Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

"Penutupan berlaku sejak Minggu, 10 September 2023, mulai pukul 19.00 WIB, sampai batas waktu yang belum ditentukan," kata Thomas.

Berdasarkan informasi dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat, luas hutan dan lahan yang terbakar di Gunung Bromo mencapai 274 hektare.

Thomas mengatakan pemerintah akan melakukan perhitungan luas dengan penaksiran area kebakaran dengan menggunakan citra satelit.

Kegiatan penanganan karhutla di Gunung Bromo dilakukan bersama Tim Satgas Provinsi Jawa Timur, Tim Satgas Malang, para relawan, masyarakat peduli api, Tim Brigdalkarhut Balai Besar TNBTS.

"Tim pemadaman udara juga dikerahkan memasuki hari kedua dengan operasi water bombing dengan dukungan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB)," papar Thomas.

Balai Besar TNBTS menutup akses pada empat pintu masuk yang menuju kawasan taman nasional akibat kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di wilayah tersebut.

Penutupan akses diberlakukan pada seluruh pintu masuk mulai pada Coban Trisula di Kabupaten Malang, Wonokitri di Kabupaten Pasuruan, Cemorolawang di Kabupaten Probolinggo dan Senduro di Kabupaten Lumajang.

Kepala Bagian Tata Usaha Balai Besar TNBTS Septi Eka Wardhani meminta masyarakat yang hendak melintasi jalur Malang menuju Lumajang dan sebaliknya yang melewati Poncokusumo dan Senduro untuk mencari jalur alternatif lain akibat penutupan akses pintu masuk tersebut.